Heboh! Ikan Duyung Besar Terdampar di Tolitoli

KAPOLRES Tolitoli AKBP Muhammad Iqbal Al Qudusi SH, SIK (tengah baju hitam) dibantu nelayan setempat berhasil melepas seekor ikan duyung yang terdampar di Perairan Sabang Tende, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Sabtu (8/4/2017). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Seekor ikan Duyung berukuran besar ditemukan terdampar di Perairan Sabang Tende, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Sabtu (8/4/2017).
Diperoleh keterangan, ikan Duyung tersebut ditemukan oleh warga setempat yang ingin turun melaut.
Melihat ikan Duyung terdampar, sontak membuat warga sekitar heboh dan menjadi tontonan menarik.
Khawatir terjadi apa-apa, ikan Duyung itu kemudian dilepas dalam keadaan sehat dan siap dikembalikan ke laut lepas.
Jajaran Polres Tolitoli yang mendapat informasi adanya ikan Duyung terdampar di perairan tersebut segera mendatangi lokasi.
Kapolres Tolitoli AKBP Muhammad Iqbal Al Qudusi SH, SIK dan jajaran Polsek Galang bersama nelayan setempat yang tiba di lokasi berupaya melepaskan ikan Duyung tersebut ke perairan dalam.
Akhirnya pada jam 14.00 WITA ikan Duyung dapat dilepaskan ke laut yang lebih dalam.
Saat dikonfirmasi oleh media ini, Kapolres Iqbal membenarkan terdamparnya seekor ikan Duyung di wilayahnya.
Kapolres Iqbal mengatakan, ikan Duyung itu dilindungi dan tidak boleh diperdagangkan secara bebas.
“Di Indonesia, mamalia laut yang semakin langka ini dilindungi dari kepunahan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan jenis Tumbuhan dan Satwa,” tutur mantan Kasubdit Registrasi dan Identifikasi Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng itu. */CAL

Komentar