Kasat Polair Polres Donggala Positif Narkoba

ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, DONGGALA– Kepala Satuan Polisi Perairan (Kasat Polair) Polres Donggala di Sulawesi Tengah diketahui positif mengonsumsi narkotika jenis sabu-sabu.

Hal itu terungkap usai dilakukan tes urine terhadap puluhan personel Sat Polair Polres Donggala di markasnya di Loli, Kecamatan Banawa oleh petugas gabungan dari Bidang Dokkes dan Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulteng, belum lama ini.

Sebelum pemeriksaan urine, pihak Propam Polda Sulteng sebelumnya telah menerima informasi dari anggota Paminal di lapangan bahwa ada oknum anggota Satuan Polair Polres Donggala yang terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

Kasat Polair Polres Donggala positif menggunakan Amphetamine dan Methaphetamin ketika dilakukan pemeriksaan urine oleh aparat gabungan tersebut.

“Iya ada lima orang (positif narkoba), salah satunya adalah Kasat Polair Iptu AR bersama empat bintara lainnya,” kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Propam Polda Sulteng AKBP Amin Litarso saat dikonfirmasi SultengTerkini.Com per telepon genggamnya di Palu, Senin.

Selain Kasat Polair, empat anggota Polair Polres Donggala lainnya yang juga positif narkoba adalah dua diantaranya diketahui berinisial Bripka Fr dan Bripda FA.

Dia mengatakan, petugas Propam masih memeriksa dan memproses kasus kelima oknum polisi tersebut.

“Belum disidang. Masih dalam pemeriksaan,” tutur mantan Kapolres Buol, Sulteng itu.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kelima oknum polisi itu rata-rata ada yang mengaku mengonsumsi sabu-sabu sebanyak dua kali, dan bahkan ada yang lebih dari dua kali.

“Kasat Polair sendiri mengaku sudah dua kali (mengonsumsi). Kalau dulu disebut statusnya terperiksa, tetapi sekarang mereka adalah terduga pelanggar,” kata Amin Litarso yang saat ini juga menjabat Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng itu.

Amin menambahkan, saat ini petugas Propam bersama aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulteng tengah mendalami lebih lanjut asal barang sabu-sabu yang dikonsumsi para oknum polisi tersebut.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak sembilan oknum anggota Polres Tolitoli, Sulawesi Tengah juga positif narkoba setelah dilakukan tes urine terhadap 33 personel di Laboratorium Rumah Sakit Umum Mokopido Tolitoli, belum lama ini. CAL

Komentar