Gempa 3,9 SR Goyang Lembah Napu Poso

SultengTerkini.Com, POSO– Gempabumi tektonik mengguncang Lembah Napu dan sekitarnya di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (26/9/2017) pukul 18:03 Wita.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Silli, hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan magnitude 3,9 Skala Richter (SR).

Ia mengatakan, lokasi pusat gempa berada di darat, 21 km arah utara Wuasa, Kabupaten Poso pada koordinat 1.24 LS-120.27 BT kedalaman 10 kilometer.

Petrus menjelaskan, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman, sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas Graben Palolo.

Ia menuturkan, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II-III MMI di Kamarora, Kabupaten Sigi, Wuasa, Poso, dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi.

“Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, tetapi tidak menimbulkan kerusakan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar,” katanya.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (I SIG BMKG/II-III MMI) di Napu.

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, Petrus mengimbau masyarakat di sekitar lokasi sumber gempabumi tetap tenang, mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak. */FIQ

Komentar