Ke Sauna Tiga Kali Sepekan Bisa Bantu Kontrol Tekanan Darah

-Kesehatan, Utama-
oleh
LAGI-lagi manfaat mandi sauna bagi kesehatan terungkap. Riset menyebut mandi sauna dapat mencegah seseorang terserang hipertensi dan stroke. FOTO: THINKSTOCK

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Satu lagi manfaat mandi sauna bagi kesehatan terungkap. Riset terbaru dari Finlandia menyebut rutin mandi sauna minimal tiga kali seminggu bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah terserang hipertensi dan stroke.

dr Jari A Laukkanen, peneliti dari University of Eastern Finland, melakukan penelitian kepada 1.621 partisipan dewasa.

Mereka diminta mengisi survei untuk mengetahui kebiasaan mandi saunanya dan diperiksa kesehatannya secara berkala.

Hasil penelitian menyebut partisipan yang pergi ke sauna hanya satu kali dalam seminggu tidak berbeda hasilnya dengan kelompok kontrol yang tidak pernah ke sauna.

Namun jika pergi ke sauna dilakukan minimal tiga kali sepekan, risiko mengalami hipertensi berkurang hingga 46 persen.

“Sauna sejak lama menjadi rahasia panjang umur orang Finlandia. Penelitian ini membuktikan bahwa rutin ke sauna dapat menjaga fleksibilitas pembuluh darah yang membuatnya lentur dan tidak mudah tegang,” tutur dr Laukkanen, dikutip dari NY Times.

Kelenturan pembuluh darah ini disebabkan oleh paparan panas yang terjadi pada tubuh saat berada di sauna. Saat proses pendinginan berlangsung, tubuh secara umum juga akan terasa lebih rileks yang membuat tekanan darah turun.

“Ini berita baik karena untuk menjadi sehat Anda tak perlu melakukan hal yang merepotkan. Cukup dengan sauna tiga kali seminggu, kesehatan pembuluh darah bisa terjaga,” tutupnya. (sumber: detik.com)

Komentar