Poso Diguncang Gempa 5,1 SR

SultengTerkini.Com, POSO– Wilayah Kabupaten Poso dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Jumat (3/11/2017).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi kepada media ini, Jumat mengatakan, hasil analisis update BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR), terjadi dengan koordinat episenter pada 1,32 LS dan 120,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah selatan Kalora, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 12 kilometer.

Ia mengatakan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Kasiguncu dalam skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI), Parigi II SIG-BMKG (III-IV MMI) dan Palu II SIG-BMKG (III MMI).

Guncangan gempa dilaporkan dirasakan cukup kuat hingga meyebabkan warga yang belum tidur berlarian keluar rumah. Bahkan warga yang tertidurpun terbangun dari tidurnya.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Diduga kuat gempa dipicu aktivitas Sesar Sausu, tepatnya ujung selatan dari Sesar Sausu. Sesar Sausu terletak di zona basin.

“Sudah tepat jika mekanisme sumber hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini dipicu penyesaran turun/normal fault,” katanya.

Hingga pukul 00.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Ia mengimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Poso agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. CAL

Komentar