10 Jurnalis Sulteng Ikuti Pelatihan BI di Jakarta

PARA jurnalis mewakili Kota Palu, Sulawesi Tengah berkesempatan mendapat pelatihan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Jakarta, Ahad (19/11/2017). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, JAKARTA– 10 jurnalis mewakili Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) berkesempatan mendapat pelatihan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Ahad (19/11/2017).

Untuk tahun ini sedikitnya 10 orang wartawan dari Kota Palu diberangkatkan BI perwakilan Sulteng untuk mengikuti pelatihan tersebut dibawa koordinator Trisno Siswoyo sebagai Departemen Komunikasi BI Sulteng.

Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia tahun 2017 ini dilangsungkan dari 19-21 November 2017, di Jakarta tepatnya di Hotel Grand Sahid Jaya yang akan dihadiri 600-an wartawan daerah yang ada perwakilan Bank Indonesianya.

Menurut Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman dalam sambutannya di buku panduan menjelaskan, dalam rangka menjalankan fungsi sebagai otoritas moneter, sistem pembayaran serta menjaga stabilitas sistem keuangan, BI memandang komunikasi merupakan hal yang penting.

Komunikasi yang lancar, efektif, dan efisien akan membuat transmisi kebijakan Bank Indonesia diterima industri, pelaku usaha dan masyarakat secara cepat dan tepat sasaran, termasuk dalam mengendalikan ekspektasi inflasi.

Komunikasi yang lancar, efektif dan efisien membutuhkan peran serta dari media massa sebagai institusi yang memiliki tugas untuk menyebarkan berita dan informasi yang efektif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai salah satu pilar demokrasi, media massa juga memiliki peran untuk mengawal kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh otoritas.

Atas peran media massa yang besar tersebut, Bank Indonesia memandang penting untuk meningkatkan pemahaman wartawan media massa secara rutin, terutama terhadap fungsi bank sentral dalam kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

“Salah satu bentuk nyata dari niat tersebut adalah penyelenggaran Pelatihan Wartawan Daerah 2017 dengan tema ‘Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat,” kata Agusman.

Ia mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan yang kedua kalinya BI menyelenggarakan pelatihan wartawan daerah secara bersama-sama di Jakarta, setelah sebelumnya dilakukan oleh masing-masing perwakilan BI.

Sedangkan yang menjadi peserta pelatihan ini merupakan wartawan media massa yang berasal dari 34 provinsi dan menjadi stakeholder dari 46 kantor perwakilan Bank Indonesia.

Adapun materi yang akan diikuti para wartawan dalam pelatihan ini diantaranya, Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Masyarakat, yang narasumbernya Pimpinan DKEM, Gubernur Provinsi Jawa Tengah, dan Kemenko Perekonomian, serta Pengamat Ekonomi.

Dilanjutkan dengan materi Perkembangan dan Kebijakan Sistem Pembayaran BI dan Gerakan Nasional Nontunai (GNNT).

Perkembangan dan Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Kebijakan Makroprudensial untuk Mendorong Pertumbuhan Perkonomian Daerah dan materi penting lainnya. SAH

Komentar