Gelar Hackathon, Telkom Cari Bibit Entrepreneur Digital

FOTO: ISTIMEWA

SultengTerkini.Com, JAKARTA– Tak dipungkiri, era digital turut mempercepat laju pertumbuhan bisnis digital. Sebagai bentuk dukungan merangsang pertumbuhan kewirausahan digital, Telkom kembali menggelar event hackathon.

Bertajuk Telkom Hackathon 2018, ini merupakan sebuah kompetisi pengembangan aplikasi bisnis digital dengan menggunakan produk API dan big data analitik dari pada platform digital Telkom terbaru, xsight. Platform ini memberikan pengalaman Like Never Before bagi perusahaan dan developer dalam hal memanfaatkan Big Data dan API Telkom Group dan partner secara mudah.

Ketua Satgas Telkom Hackathon 2018 Ahmad Djakarsih, mengatakan latar belakang PT Telkom Indonesia menyelenggarakan Telkom Hackathon 2018 adalah untuk menjaring terobosan inisiatif digital di berbagai bidang, mendukung tumbuhnya entrepreneur digital, serta menggali potensi generasi muda di Indonesia.

“Telkom juga berharap event ini bisa menjadi ajang berkumpulnya para developer muda sebagai agen pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang kreatif dan memiliki kompetensi TI (Teknologi Informasi) yang mumpuni,” ujarnya seperti dalam keterangan email, Ahad (24/12/2017).

Ada empat kategori pengembangan aplikasi yang diperlombakan dalam kompetisi ini, antara lain e-Commerce, Logistik, Financial Services dan kategori umum. Perlombaan ini pun terbuka untuk warga negara Indonesia dan dapat diikuti oleh perorangan atau tim dengan maksimal empat orang per tim.

Di tahap awal, Telkom menggelar roadshow di lokasi DILO ( Digital Lounge) Telkom Indonesia di lima kota, antara lain Makassar (18 Desember), Yogyakarta (19 Desember), Malang (19 Desember), Bandung (20 Desember), dan Jakarta (20 Desember). Setelah roadshow ini rampung, selanjutnya akan diadakan babak penyisihan, coaching clinic, dan grand final.

Di acara roadshow, developer akan diajak mengenal lebih jauh mengenai bisnis digital Telkom Group, Indigo Inkubator program dan tentunya perkenalan dengan produk API dan Big Data. Setelah rangkaian roadshow selesai, peserta diberikan waktu untuk mendaftarkan dan mengembangkan karya mereka dalam bentuk Minimum Viable Product (MVP) via online sampai tanggal 11 Februari 2018.

Setelah seluruh karya peserta dikurasi oleh tim juri, pada tanggal 17 Februari 2018, Telkom akan mengumumkan 20 tim finalis untuk diundang guna mengikuti tahap akhir yaitu coaching clinic dan grand final.

Tim juri yang terdiri dari ahli teknologi dari dalam dan luar Telkom ini akan memilih satu tim pemenang dari setiap kategori dengan total hadiah Rp 200 juta dan juga hadiah benchmarking trip yang disediakan oleh Mitra Telkom, Liferay dan Cellum dengan tujuan ke Sydney dan Budapest untuk dua tim terbaik. (sumber: detik.com)

Komentar