Pemilik Mobil Pencuri Monyet di Kebun Kopi Diperiksa

SEJUMLAH petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Tengah bersama aparat Polsek Parigi Utara mengecek tempat kejadian perkara pencurian satwa monyet jenis Macaca Tonkeana yang terjadi di jalan poros Palu-Parigi tepatnya di kilometer 15 jalur Kebun Kopi. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PARIGI– Kasus pencurian satwa monyet jenis Macaca Tonkeana yang terjadi di jalan poros Palu-Parigi tepatnya di kilometer 15 jalur Kebun Kopi saat ini masih ditangani oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjasama dengan Polres Parigi Moutong (Parimo).

Untuk kepentingan penyelidikan, pihak petugas BKSDA Sulteng mengecek tempat kejadian perkara pencurian monyet bersama anggota Polsek Parigi Utara.

Kapolres Parimo AKBP Sirajuddin Ramly saat dikonfirmasi SultengTerkini.Com, Rabu (24/1/2018) mengatakan, mobil yang dipakai terduga pelaku dalam video yang lagi viral di media sosial tersebut saat ini sudah ditemukan.

Pemilik mobil yang diidentifikasi berinisial MT (28) itu merupakan warga Poros Palu-Kulawi, Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi.

Menurut Kapolres Sirajuddin, pemilik mobil tersebut sudah dilakukan pemeriksaan oleh PPNS BKSDA Sulteng. Kepada petugas BKSDA Sulteng, pemilik mobil menjelaskan, dirinya tidak tahu dengan kejadian tersebut.

Dia baru mengetahui dari video yang viral lewat media sosial. “Ternyata mobil pengangkut ayam potongnya memuat satwa tersebut. Pengemudi mobilnya pada waktu itu hanya sopir sewaan,” kata orang pertama di Polres Parimo itu.

Sirajuddin Ramly menjelaskan, satwa tersebut sudah dilepas kembali pada saat itu juga karena warga yang melihat kejadian itu langsung menghadang/mencegat mobil tersebut. Warga saat itu mengimbau agar satwa yang dilindungi itu segera dilepas kembali.

“Pihak BKSDA Sulteng juga akan mengundang sopir dan karnet pada Rabu (24/1/2018) hari ini karena infonya masih dalam perjalanan dari luar kota,” tutur perwira menengah berpangkat dua melati di pundaknya itu.

Monyet Macaca Tonkeana sendiri adalah salah satu satwa yang dilindungi dan berhabitat di hutan Sulawesi. Selain Macaca Tonkeana, ada juga monyet jenis Macaca Nigra yang juga merupakan satwa endemik dari pulau Sulawesi dan hidup di hutan Sulteng. CAL

Komentar