PLN Mulai Bangun PLTMG Luwuk 40 MW

WhatsApp Image 2018-07-02 at 18.31.00
GM PLN UIP Sulawesi Bagian Utara, Sigit Witjaksono (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Banggai saat acara Ground Breaking PLTMG Luwuk 40 MW di Luwuk, Sulawesi Tengah, Senin (2/7/2018). FOTO: IST

SultengTerkini.Com, LUWUK– Presiden RI Joko Widodo, Senin (2/7/2018) siang meresmikan beroperasinya tiga pembangkit listrik baru dan sekaligus melaksanakan ground breaking, tanda dimulainya pembangunan tiga pembangkit listrik di Sulawesi, salah satu diantaranya adalah proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Luwuk 40 MW di Desa Nonong, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Peresmian dan Ground Breaking dipusatkan di PLTB Sidrap, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Sedangkan untuk lima lokasi lain dilaksanakan melalui fasilitas Video Conference secara bersamaan.

Untuk lokasi PLTMG Luwuk dihadiri Bupati Banggai Herwin Yatim, Wakil Bupati Mustar Labolo, Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh, Kasdim 1308, Kadis ESDM Sulteng Yanmar Nainggolan mewakili Gubernur Sulteng Longki Djanggola, tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga di sekitar lokasi PLTMG Luwuk.

Hadir dari pihak PLN, GM PLN UIP Sulawesi Bagian Utara Sigit Witjaksono dan jajaran manajemen PLN, termasuk Manajer PLN UPP Sulteng Hermono Dwi Gunojati, Manajer PLN Area Luwuk, Andre PR Lengkong.

Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Indonesia terus digalakkan oleh pemerintah untuk memenuhi dan mendorong pertumbuhan ekonomi Nasional melalui program Nawacita.

Dengan ketersediaan tenaga listrik di seluruh penjuru Indonesia, diharapkan akan tumbuh kawasan bisnis, kawasan industri serta mendorong berkembangnya usaha kecil dan menengah yang pada akhirnya akan terwujud ketahanan industri, penyerapan tenaga kerja serta meningkatnya tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Pembangunan PLTMG Luwuk 40 MW ini ditargetkan dapat selesai dan bisa mulai beroperasi secara komersial (Comercial Operation Date/COD) sebagai berikut tahap I (blok1): 15 MW pada TW I-2019, tahap II (blok 2): 25 MW pada TW II-2019.

Proyek ini pada tahap pembangunannya akan menyerap tenaga kerja sebanyak +/- 150 orang dan pada tahap operasi sebanyak +/- 250 orang,” jelas GM PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara Sigit Witjaksono, Senin (2/8/2018) siang di Batui, Luwuk dalam rilisnya yang diterima SultengTerkini.Com, Senin malam.

Investasi yang ditanamkan dalam pembangunan ini adalah sebesar +/- 521 miliar rupiah.

Mesin utama yang akan digunakan adalah teknologi dari Eropa (Norwegia) dengan mesin Roll Royce serta kontraktor pelaksana adalah Konsorsium Barata Indonesia, Dalle Engineering Contruction dan Mitra Energi Batam.

PLTMG Luwuk 40 MW ini pada saatnya nanti memperkuat sistem ketenagalistrikan di Sulteng, khususnya pada Kabupaten Banggai dan sekitarnya.

Pada saat ini, PLN Area Luwuk memiliki 136 ribu pelanggan, dimana daya mampu pembangkit sistem Luwuk Toili sebesar 28,3 MW, dan beban puncaknya sudah mencapai 25,8 MW dan potensi pelanggan tambahan sebesar 9,1 MW.

Dengan masuknya PLTMG Luwuk ini, maka kemampuan pembangkitan sistem Luwuk Toili akan meningkat sebesar 242% dari kapasitas mampu sebelumnya.

Serta diharapkan dapat mengakomodasi penambahan pelanggan yang lebih banyak, dimana jika untuk melayani pelanggan rumah tangga dengan rata-rata daya 450VA, maka berpotensi dapat melayani sekitar 88 ribu sambungan pelanggan rumah tangga serta dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Banggai dan sekitarnya.

Pararel dengan pembangunan PLTMG Luwuk ini juga akan dibangun saluran transmisi dan GI pendukungnya yaitu dari PLTMG ke arah Luwuk Kota, PLTMG ke arah Toili serta saluran transmisi dari Ampana Kabupaten Tojo Una-Una ke Toili yang masih sangat memerlukan dukungan dari warga.

Selanjutnya akan dibangun juga saluran transmisi dari Ampana ke Bunta hingga sistem kelistrikan Kabupaten Banggai ini akan terintegrasi dengan sistem kelistrikan Sulawesi.

PLTMG Luwuk ini nantinya memanfaatkan sumber gas dari Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai. Dengan memanfaatkan gas tentu PLN juga akan mendapatkan kesempatan efisiensi yang didapat dari pengurangan beroperasinya pembangkit yang menggunakan BBM yaitu PLTD.

Sementara itu, Bupati Herwin Yatim dalam sambutannya berharap agar warga di wilayahnya benar-benar menjaga investasi pemerintah melalui pembangunan PLTMG Luwuk 40 MW untuk kepentingan bersama.

“Komitmen kami, Pemerintah Kabupaten Banggai adalah meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan potensi lokal. Apa yang dilakukan PLN dengan membangun PLTMG Luwuk ini yang akan menggunakan sumber energi gas alam yang tersedia di kabupaten Banggai, kami dukung sepenuhnya. Saya mengajak masyarakat yang ada di sekitar PLTMG untuk juga mendukung lancarnya pembangunan ini demi kepentingan bersama,” ajak Bupati Herwin Yatim. CAL

Komentar