Ribuan Umat Islam di Tolitoli Ikuti Tablig Akbar Satgas Nusantara

WhatsApp Image 2018-07-29 at 11.54.10
Ribuan warga Tolitoli, Sulawesi Tengah mengikuti tablig akbar yang diselenggarakan Satgas Nusantara polres setempat dengan menghadirkan tiga dai kondang KH Zainal Abidin, Ustaz Ujang dan Ustaz Sofyan, Sabtu (28/7/2018). FOTO: SABRAN

SultengTerkini.Com, TOLITOLI– Ribuan warga Tolitoli, Sulawesi Tengah mengikuti tablig akbar yang diselenggarakan Satgas Nusantara polres setempat dengan menghadirkan tiga dai kondang KH Zainal Abidin, Ustaz Ujang dan Ustaz Sofyan, Sabtu (28/7/2018).

Tabliq akbar ini mengambil tema “Merajut Persaudaraan Kita Wujudkan Pesta Demokrasi 2019 Aman dan Tolitoli Damai”.

Ustaz Ujang Maman dalam tausiahnya mengajak masyarakat membangun sinergitas antar sesama dan tali silaturahmi, sehingga mewujudkan Tolitoli damai.

“Mari kita wujudkan muslim yang taat dan patuh terhadap ajaran agama Islam dengan selalu berjamaah salat di masjid lima waktu agar Indonesia negara diberkahi Allah,” ajak Ustaz Ujang.

Sementara itu, KH Zainal Abidin dalam ceramahnya menyebutkan ada empat macam ukhuwah, yakni ukhuwah ‘ubudiyyah, yakni persaudaraan karena sesama makhluk yang tunduk kepada Allah.

Allah SWT berfirman, “Dan tidaklah (jenis binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya) kecuali umat-umat juga seperti kamu,”.

Kedua, ukhuwah insaniyyah atau basyariyyah, yakni persaudaraan karena sama-sama manusia secara keseluruhan.

Hal ini didasarkan pada firman Allah, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,”.

Ketiga, ukhuwah wathaniyyah wa an-nasab, yaitu persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan.

Menurut Muhammad Imarah, pluralitas bangsa, suku bangsa, agama dan golongan merupakan kaidah yang abadi yang berfungsi sebagai pendorong untuk saling berkompetisi dalam melakukan kebaikan, berlomba menciptakan prestasi dan memberikan tuntunan bagi perjalanan bangsa-bangsa dalam mencapai kemajuan dan ketinggian.

Keempat, ukhuwah diniyyah, yakni persaudaraan karena seagama (ukhuwah fiddin al-Islam).

Islam menyatakan bahwa umat Islam, dengan latar belakang yang berbeda, baik suku, etnis, keturunan, warna kulit, bahasa dan lain sebagainya adalah bersaudara.

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.

Kemudian, Ustaz Sofyan, pada ceramahnya mengajak warga Tolitoli untuk selalu berbuat baik dan tidak menunda-nunda waktu untuk berbuat kebaikan serta manfaat bagi orang lain.

Selain tiga ustaz kondang itu, tabliq akbar itu juga dihadiri Wakapolda Sulteng Kombes Pol Mohamad Aris Purnomo, Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Sulteng Kombes Hondawantri Naibaho, unsur forum komunikasi pimpinan daerah setempat, tokoh masyarakat, serta ribuan warga di Tolitoli. SBR

Komentar