Gempa Guncang Ampana 4,4 SR

ilustrasi-gempa_20170804_060616
ILUSTRASI

SultengTerkini.Com, AMPANA– Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Ampana, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah dan daerah di sekitarnya, Kamis (9/8/2018) pukul 15:53 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Cahyo Nugroho mengatakan, hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan magnitude 4.4 Skala Richter (SR).

Ia mengatakan, lokasi pusat gempa berada di Teluk Tomini, 28 kilometer arah utara Ampana pada koordinat 0.63 LS-121.52 BT kedalaman 10 kilometer.

“Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas sesar lokal setempat,” katanya sebagaimana rilis yang diterima media ini, Kamis (9/8/2018) sore.

Menurutnya, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara III MMI di Ampana dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Ia menambahkan, pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, dan jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi dirasakan lemah-sedang (II SIG BMKG/III MMI) di Ampana.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, ia mengimbau masyarakat di sekitar lokasi sumber gempa bumi tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak. CAL

Komentar