Subuh Tadi Donggala Diguncang Gempa 4,5 SR

WhatsApp Image 2018-12-26 at 03.54.11SultengTerkini.Com, DONGGALA– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pada Rabu (26/12/2018) pukul 04:36 Wita terjadi gempa tektonik yang mengguncang Gimpubia, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan daerah di sekitarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Cahyo Nugroho mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan magnitudo 4.5 skala richter.

Lokasi pusat gempa berada di darat, 6 kilometer (km) arah baratdaya Gimpubia pada koordinat 1.10 LS-119.67 BT kedalaman 8 km.

Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Getarannya diperkirakan dirasakan pada skala IV-V MMI di Gimpubia dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi dirasakan sangat lemah (II MMI) di Palu.

Terkait dengan peristiwa tersebut, warga yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hal-hal yang berkenaan dengan kejadian gempa bumi agar tetap mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan informasi BMKG,” demikian bunyi pernyataan dari BMKG. CAL

Komentar