Setelah Bangun Tidur Jangan Langsung Minum Kopi, Ini Sebabnya

6585ac88-5290-422f-8d5b-48cdd975f2328818661759098935137.jpeg
Foto: iStock

SultengTerkini.Com, JAKARTA- Banyak orang mengawali hari dengan minum kopi begitu bangun tidur. Ternyata kebiasaan ini punya dampak buruk bagi kesehatan.

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dipercaya bisa memberikan energi. Karenanya banyak orang yang meminum kopi sesaat setelah bangun tidur di pagi hari. Bahkan mereka merasa loyo dan tak bisa melek sebelum ngopi.

Namun, hal itu telah dilarang keras oleh ahli nutrisi karena dinilai membahayakan kesehatan tubuh, terutama bagi wanita. Menurut seorang ahli nutrisi bernama Carlyn Rosenblum, MS, RD, minum kopi di pagi hari bisa meningkatkan kortisol.

Kortisol adalah nama hormon yang berperan penting untuk mengatur respon stres tubuh. Ketika kortisol naik maka bisa menimbulkan dampak negatif ovulasi, berat badan hingga keseimbangan hormon.

Apalagi waktu pagi-pagi biasanya kadar kortisol dalam tubuh meningkat. Jika terkena kafein, maka akan berefek negatif untuk tubuh.

“Kortisol diperlukan untuk kesehatan kita, namun masalahnya adalah ketika kita terus-menerus stres, tubuh kita terus memproduksi kortisol lebih banyak,” jelas Rosenblum.

Lebih lanjut ahli nutrisi tersebut juga menjelaskan bahwa jika kortisol terus diproduksi bisa menyebabkan peningkatan gula darah yang kemudian mengarah pada peningkatan produksi insulin, lapor Yahoo Lifestyle (21/8).

Selain itu minum kopi dengan perut kosong juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada lambung. Itu sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang hasilnya mengatakan bahwa kopi dapat merangsang produksi asam.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk minum kopi? Ahli nutrisi merekomendasikan waktu yang tepat untuk minum kopi adalah pukul 09.30. Di mana waktu tersebut berada di tengah-tengah antara waktu pagi dan waktu siang.

Waktu tersebut juga biasanya kadar kortisol dalam tubuh berada dalam posisi yang rendah. Karenanya minum kopi di waktu tersebut terbilang aman sejauh ini.

Oleh karena itu saat bangun tidur lebih dianjurkan banyak minum air putih, karena tubuh mengalami dehidrasi selama waktu tidur semalaman.
(sumber: detik.com)

Komentar