64 Mahasiswi Akbid Cendrawasih Palu Diwisuda

WhatsApp Image 2019-08-31 at 17.58.04
WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Dg Palabbi pada acara Wisuda ke XI lulusan Akademi Kebidanan (Akbid) Palu, yang diikuti 64 orang wisudawati, bertempat di sebuah hotel Jalan Malonda, Kelurahan Silae, Sabtu (31/8/2019). FOTO: HUMAS

SultengTerkini.Com, PALU– Kesehatan merupakan salah satu hak hidup setiap orang secara lahir dan batin, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan, agar setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis, dalam rangka pembangunan millenium development goals, sebagai upaya untuk memenuhi hak-hak dasar kebutuhan manusia.
Namun disadari, bahwa untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia khususnya bidang kesehatan dalam peningkatan usia harapan hidup, masih perlu adanya perhatian yang lebih serius, karena angka kematian ibu, angka kematian anak serta status kurang gizi pada anak dan masyarakat masih meningkat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur Rusli Dg Palabbi pada acara Wisuda ke XI lulusan Akademi Kebidanan (Akbid) Cendrawasih Palu yang diikuti 64 orang, bertempat di sebuah hotel Jalan Malonda, Kelurahan Silae, Sabtu (31/8/2019).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Akademi Kebidanan Palu Yayasan Pendidikan Cendrawasih yang kembali meluluskan tenaga kesehatan, khususnya ahli kebidanan, yang akan memberi pelayanan dalam persalinan maupun sebagai pendamping kesehatan bagi ibu-ibu diwaktu hamil, disaat melahirkan dan di saat pertumbuhan anak,” katanya.

Oleh karena itu katanya, peran bidan sangat dibutuhkan keberadaannya sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Menurutnya, seorang bidan diharapkan siap ditempatkan di wilayah mana saja, dengan ikhlas dan peduli kepada siapa saja yang membutuhkan pertolongan dalam hal persalinan, dan pendampingan kesehatan bagi ibu dan anak.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Vira Pratiwi dalam laporannya mengatakan, Akbid Cenderawasih Palu merupakan lembaga pendidikan tinggi yang diselenggarakan swasta di bawah naungan Yayasan Pendidikan Cendrawasih, berdiri sejak 27 Oktober 2005.

Dia mengatakan, Akbid Cendrawasih Palu dengan program studi Diploma Tiga Kebidanan bertujuan membentuk insan bidan yang cerdas, terampil, berakhlak baik, bijaksana, etis, profesional, berwawasan global dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Wisuda ke XI lulusan Akbid Cendrawasih Palu diikuti 64 orang wisudawati. Lulusan terbaik pertama dan kedua diraih Rajma dan Mirda dengan IPK 3,90.

Sementara itu, sambutan dari perwakilan wisudawati, Hayatul Muchlisa dan Syarifah cukup mengharukan.

Dimana mereka menceritakan tragedi bencana dahsyat 28 September 2018 lalu yang telah merenggut salah satu sahabat akrabnya.

Selain itu juga ada perjuangan salah seorang rekannya, dimana meskipun menderita Leukimia, akan tetapi berkat kegigihannya berhasil menyelesaikan pendidikan. CAL

Komentar