Peringatan HPS Tingkat Provinsi Sulteng Dipusatkan di Touna

WhatsApp Image 2019-09-25 at 19.04.03
ASISTEN II, Burhanudin Lahay saat membacakan sambutan Bupati Tojo Una-Una Muhammad Lahay pada peringatan HPS di Lapangan STQ Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo, Rabu (25/9/2019). FOTO: SYAMSUL BAHRI M KASIM

SultengTerkini.Com, TOUNA– Hari Pangan Sedunia (HPS) yang dilaksanakan sejak tahun 1981 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan masyarakat dunia terhadap kelaparan dan kekurangan gizi di dunia.

HPS diselenggarakan lebih dari 150 negara di dunia termasuk Indonesia, merupakan kalender penting dalam PBB beserta negara-negara FAO.

Demikian disampaikan Asisten II, Burhanudin Lahay saat membacakan sambutan Bupati Tojo Una-Una (Touna) Muhammad Lahay pada peringatan HPS tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dipusatkan di Lapangan STQ Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo, Rabu (25/9/2019).

Dia mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una selamat datang kepada Gubernur Sulawesi Tengah atau pejabat yang mewakili, bupati/walikota, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulteng serta seluruh peserta perwakilan dari 13 kabupaten/kota yang telah hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una-Una itu.

Burhanudin menjelaskan sekilas profil Kabupaten Touna. Dia mengatakan, Touna dibentuk berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tepatnya 18 Desember 2003 dengan jumlah penduduk saat ini 150.820 jiwa dan luas wilayah 5.721.51 KM², terdiri dari gugusan pulau-pulau besar dan kecil sebanyak 454 pulau.

Hingga saat ini Kabupaten Touna memiliki 12 kecamatan. Enam kecamatan berada di daratan dan enam kecamatan lainnya berada di gugusan Kepulauan Togean.

Selain itu katanya, Kepulauan Togean merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Dari 88 KSPN yang ada di Indonesia sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional 2010-2025.

“Tidaklah berlebihan jika daerah kami memiliki potensi besar di sektor pertanian, pariwisata, dan kelautan, juga sektor-sektor lainnya sebagaimana yang dimiliki oleh daerah-daerah lain,” katanya.

Ia menambahkan, Kepulauan Togean juga merupakan kawasan destinasi pariwisata yang dikenal di manca negara.

Oleh karenanya, sangatlah tepat jika panitia telah menetapkan pelaksanaan HPS tingkat provinsi kali ini dilaksanakan di Kabuoaten Tojo Una-Una.

“Kepada para peserta tak lengkap rasanya datang di tempat kami jika tak berkunjung ke Kepulauan Togean,” pungkasnya. SMS

Komentar