Forum Pemred Sulteng Ancam Boikot Berita Polisi

WhatsApp Image 2019-09-29 at 19.49.07
SEJUMLAH Pemimpin Redaksi media cetak dan online di Sulawesi Tengah saat foto bersama Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh di Palu. FOTO: IST

SultengTerkini.Com, PALU– Aksi perampasan kamera dan penghapusan gambar hasil liputan jurnalis Sulteng, Rian Saputra saat liputan aksi mahasiswa menolak Rancangan Undang-Undang terus dikawal sejumlah organisasi pers.

Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang sejak awal ikut mengawal laporan ini ke pihak berwenang berharap kasus ini tidak dipetieskan.

Forum Pemred Sulteng juga menyebut kasus penghapusan hasi liputan wartawan itu tidak cukup hanya diselesaikan dengan permohonan maaf.

Koordinator Forum Pemred Sulteng, Abdy Mari mengatakan, tindakan perampasan terhadap alat kerja wartawan itu sangat melanggar undang-undang.

Melaporkannya ke pihak berwenang adalah tindakan untuk efek jera.

“Secara profesi, saling memberi maaf sudah dilakukan oleh kedua pihak. Namun, agar oknum-oknum aparat juga paham tentang Undang-Undang Pers, maka melanjutkan proses hukum adalah hal yang tepat,” kata Abdy Mari, Ahad (29/9/2019) malam.

Agar lebih menjadi pelajaran dan tidak mengulangi tindakan pelanggaran pada profesi jurnalis, Forum Pemred Sulteng mengeluarkan pernyataan sikap tegas.

Pertama, meminta Kapolda Sulteng dan jajarannya untuk tunduk dan patuh pada UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Kedua, kasus perampasan, menghalang-halangi adalah tindakan ketidakprofesionalan polisi di Sulteng saat menjalankan prosedur tetap dan Standar Operasional Prosedur yang berspektif Hak Asasi Manusia.

“Bila dua poin di atas dilanggar, maka seluruh Pimpinan Redaksi yang tergabung pada Forum Pemred Sulteng mengeluarkan nota protes dengan memboikot seluruh pemberitaan dan informasi publik dari kepolisian Sulteng,” tegas Pemred KabarSelebes.id itu.

Turut memberi sikap sejumlah pengurus Forum Pemred Sulteng diantaranya Andono Wibisono (Pemred Kaili Post, Tasman Banto (Pemred Mercusuar), Murthalib (Pemred Radar Sulteng), Rolex Malaha (Kabiro LKBN Antara), Sutrisno (Pemred JurnalNews.id), Agus Panca Saputra (Pemred SultengTerkini.Com), Heru (Pemred Portalsulawesi.com).

Selanjutnya, Irwan (Pemred KabarLuwuk.com), Syamsuddin (Pemred Beritasulteng.com), Darlis Muhammad (Pemred Media Alkairaat), Mahful Haruna (Pemred SultengNews.com), Basri Marzuki (Pemred Beritapalu.com), Udin Salim dan Indra Yosvidar (Pemred Harian Metro Sulawesi dan Metrosulawesi.id) serta sejumlah pemred lainnya. CAL

Komentar