IAI Touna Ikut Bantu Pemerintah di Bidang Farmasi

WhatsApp Image 2019-09-29 at 10.04.49
PENGURUS Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Kabupaten Tojo Unauna di Sulawesi Tengah menggelar seminar kesehatan dan konferensi cabang di sebuah hotel di Ampana, Ahad (29/9/2019). FOTO: SYAMSUL BAHRI M KASIM

SultengTerkini.Com, AMPANA– Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kabupaten Tojo Unauna (Touna) di Sulawesi Tengah menggelar seminar kesehatan bertema “Praktek Kefarmasian yang Profesional Sesuai Regulasi Cara Distribusi Obat yang baik” di sebuah hotel di Ampana, Ahad (29/9/2019). Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan Konferensi Cabang IAI Kabupaten Touna.

Bupati Touna Muhammad Lahay melalui sambutannya yang disampaikan oleh Asisten I  Munawar Mapu mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Touna menyambut baik dan menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya kegiatan ini.

Dia mengatakan, kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis bagi pembangunan kesehatan di daerahnya.

Munawar berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan apoteker dalam melaksanakan prinsip-prinsip cara distribusi obat yang baik, menjamin penyimpanan obat aman dan sesuai dengan kondisi yang dipersyaratkan, sehingga masyarakat akan terlindungi dari produk obat yang membahayakan kesehatan.

Munawar mengatakan, kegiatan ini merupakan amanat organisasi yang dilaksanakan empat tahun sekali.

Menurutnya, salah satu tantangan berat organisasi itu yakni peraturan perundang-undangan semakin mengikat dan tuntutan masyarakat terkait kompetensi apoteker.

Meskipun didera tantangan, selama ini IAI Touna sangat membantu pemerintah dalam melaksanakan pelayanan kesehatan di bidang kefarmasian.

Untuk itu dia juga berharap kepada peserta seminar maupun konferensi cabang IAI Touna agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh demi kemajuan organisasi.

Sementara itu, Naldi, Ketua Panitia Konferensi itu mengatakan, konferensi cabang merupakan forum kekuasaan tertinggi IAI di tingkat cabang Touna.

Hal ini telah disosialisasikan pada rapat koordinasi Pengurus Pusat melalui Surat Keputusan Pengurus Pusat IAI Nomor: 003/PP.IAI/1418/IV/2014 tentang pedoman pelaksanaan konferensi daerah dan konferensi cabang IAI.

Dia menuturkan, maksud kegiatan ini untuk memperkuat pemahaman berorganisasi dan kaderisasi kepemimpinan anggota IAI.

Selain itu kata dia, kegiatan ini juga memenuhi amanat dari Pengurus Daerah IAI Sulawesi Tengah masa bakti 2019-2023.

Dimana konferensi cabang dilaksanakan paling lambat tiga bulan sebelum konferensi daerah provinsi. SMS

Komentar