Upaya Tim SAR Berbuah Manis, Orang Hilang di Gunung Taopa Ditemukan

hilangg
TIM SAR mengevakuasi Ase (40), warga Desa Taopa yang dinyatakan hilang di Gunung Desa Taopa Utara Kabupaten Parigi Moutong. FOTO: DOK BASARNAS PALU

SultengTerkini.Com, PALU- Upaya Tim Search and Rescue (SAR) dalam mencari orang hilang di Gunung Desa Taopa Utara,  Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) berbuah manis. Dua orang yang dinyatakan hilang berhasil ditemukan.

Sebelumnya, pada Kamis sore (19/12/2019), Tim SAR yang dibantu aparat desa dan masyarakat Desa Taopa berhasil menemukan satu dari dua orang hilang di gunung tersebut. Kemudian pencarian korban dilanjutkan pada Jum’at pagi. Hasilnya, tim pencari menemukan satu orang korban lain sekitar satu kilometer dari lokasi penemuan korban pertama.

Kepala Badan SAR Nasional Kota Palu, Basrano membenarkan keberhasilan tim pencari.

Menurut Basrano, pada Kamis sore sekitar pukul 15.20 Wita, korban pertama yang ditemukan bernama Abunyo. Dia ditemukan di pinggir sungai dalam kondisi lemas.

“Saat ditemukan, korban langsung diberi makanan,” tutur Basrano.

Setelah kondisinya baikan, korban pertama tidak mau diajak pulang. Ia memaksa untuk mencari Ase (40), warga Desa Taopa yang tersesat saat berupaya mencari dirinya.

“Korban ikut mencari Bapak Ase.  Dia tidak mau pulang sebelum Bapak Ase ditemukan,” terang Basrano.

Basrano menambahkan, setelah melanjutkan pencarian pada Jum’at pagi, akhirnya Ase berhasil ditemukan.

“Korban langsung kami bawa ke rumah sakit karena kondisinya lemas,” urai Basrano.

Dia berterima kasih kepada aparat Desa Taopa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta masyarakat setempat yang ikut membantu melakukan pencarian.

Sebelumnya, dua warga Desa Taopa Kecamatan Taopa Utara Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) dinyatakan hilang. Pada tanggal 8 Desember 2019, Abunyo bersama rekannya pergi ke sebuah tambang emas rakyat. Namun diperjalanan, Abunyo tersesat dan hilang komunikasi.

Beberapa hari kemudian, aparat desa setempat melakukan pencarian terhadap Abunyo di Gunung Taopa. Sayangnya, dalam mencari Abunyo, salah seorang regu pencari bernama Ase (40) tersesat dan hilang komunikasi sampai sekarang. CAL

Komentar