Polda Sulteng Buka Pendaftaran SIPSS 2020

SEJUMLAH calon siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana tahun 2017 saat mengikuti pemeriksaan psikologi. FOTO: DOK BIRO SDM POLDA SULTENG

SultengTerkini.Com, PALU– Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) telah membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia yang ingin menjadi anggota Polri melalui program Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2020.

“Pendaftarannya dilakukan secara online mulai Senin 6 hingga 24 Januari 2020,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulteng Kombes Polisi Harry Haryadi Badjuri kepada SultengTerkini.Com, Rabu (8/1/2020).

Harry Haryadi menjelaskan, persyaratan umum bagi calon siswa antara lain warga negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, berumur paling rendah 18 tahun, sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba (surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang).

Kemudian tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan yang dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian, berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela, serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada satuan kerja sesuai keahlian atau latar belakang program studinya.

Sementara persyaratan khususnya adalah pria dan wanita belum pernah menjadi anggota Polri, berijazah S2 profesi Kedokteran Forensik, Kedokteran Spesialis Penyakit Dalam, Kedokteran Spesialis Bedah, dan Psikologi.

Sementara untuk S1 ada Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi. Kemudian S1 Sistem Informasi, Teknik Informatika, Multimedia, Ekonomi Akuntansi/Keuangan, Ekonomi Pembangunan, Teknik Listrik/Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, serta semua program studi tambah sertifikat CPL IR Flying School.

Untuk D-IV Ahli Nautika Tk III dan Ahli Teknika Tk III D-IV ahli Nautika tingkat III (wajib memiliki ijazah ahli dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI).

Khusus untuk prodi kedokteran, dokter forensik dan klinis menyertakan surat keterangan lulus dari kepala bagian program pendidikan dokter spesialis (ijazah dokter spesialis) serta dokter umum dan dokter gigi wajib mempunyai surat tanda selesai internsip (STSI) dan surat tanda registrasi (STR) definitif.

Bagi yang berasal dari perguruan tinggi negeri/swasta dengan program studi yang terakreditasi A dan B dengan IPK minimal 2,75 terdaftar di Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi serta wajib melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisir atau diketahui oleh pembantu dekan bidang akademik.

Bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri wajib melampirkan surat keputusan penyetaraan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi.

“Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS tahun 2018 maksimal 40 tahun untuk S2 profesi kedokteran, maksimal 33 tahun untuk S2 profesi dan S1/S2 berkompetensi tertentu, maksimal 29 tahun untuk S1 profesi, dan maksimal 26 tahun untuk S1/D-IV,” katanya.

Adapun tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku), pria 158 cm dan wanita 155 cm.

Selain itu, persyaratan khusus lainnya adalah belum pernah menikah (belum pernah hamil/melahirkan) dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan.

“Perlu juga saya sampaikan bahwa baru penerimaan SIPSS tahun ini ada seleksi uji TKK (tes kompetensi keahlian),” katanya.

Menurut Harry Haryadi, selama pelaksanaan kegiatan penerimaan calon siswa SIPSS tahun ini tidak dipungut biaya apapun.

“Biaya seluruh pelaksanaan dibebankan kepada anggaran Polri tahun 2020 ini,” tutur orang pertama di Biro SDM Polda Sulteng itu.

Pendaftaran penerimaan calon siswa SIPSS tahun ini dilakukan melalui website www.penerimaan.polri.go.id dan melakukan verifikasi di Mapolda Sulteng.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat diperoleh pada panitia pendaftaran Bagdalpers Biro SDM Polda Sulteng Jalan Sam Ratulangi No 78 Palu atau melalui facebook Biro SDM Polda Sulteng dan Twitter @DalpersSulteng. CAL

Komentar