Selamat Datang AKBP Bayu, Selamat Jalan AKBP Riza

-Utama-
oleh

PALU– Acara pisah sambut Kapolres Palu di Aula Torabelo berlangsung terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan, Selasa (10/8/2021) pagi.

Meski digelar cukup terbatas, namun pisah sambut dan silaturahmi Kapolres Palu tersebut tetap berjalan dengan penuh kekeluargaan.

Lazimnya para pimpinan organisasi perangkat daerah selalu diundang, namun karena situasi pandemi Covid-19, sehingga hanya melibatkan para pejabat forum koordinasi pimpinan daerah Kota Palu dan instansi vertikal serta pihak perbankan lainnya.

Kapolres Palu sebelumnya dijabat oleh AKBP Riza Faisal yang kini dipromosikan sebagai Kapolres Aceh Utara Polda Aceh, dan digantikan AKBP Bayu lndra Wiguno sebelumnya menjabat Kapolres Morowali.

Dalam sambutannya, AKBP Riza Faisal menyampaikan terima kasih atas silaturahmi yang dilaksanakan pemerintah daerah.

Dia mengaku sangat terkesan selama 12 bulan menjadi Kapolres Palu.

“Saya sangat bangga bisa bekerjasama dengan Forkopimda Kota Palu dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Ibaratnya mulai dari suka hingga duka saya rasakan, meski belum banyak yang bisa kami berikan untuk Kota Palu,” katanya.

Riza Faisal juga menyampaikan permohonan maaf jika selama berada di Palu sempat terjadi khilaf dan salah. Namun dia mengaku senang dan nyaman tinggal di Palu.

Sementara pejabat baru Kapolres Palu, AKBP Bayu lndra

dalam sambutannya meminta dukungan serta doa restu kepada semua pihak.

Karena dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan forkopimda di Palu sangat dibutuhkan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

“Mari menjaga stabilitas keamanan di Palu di tengah pandemi Covid-19 ini. Kerja sama dan bersinergi sangat dibutuhkan untuk menekan angka penyebaran Covid-19, dimana Kota Palu masih berada di zona merah,” katanya.

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengucapkan selamat bertugas kepada kedua pejabat di institusi Polri tersebut.

Walikota berharap kedepannya tetap dapat menjaga kerjasama dan sinergitas, sehingga Kota Palu tetap dalam situasi yang kondusif tanpa ada gangguan keamanan.

“Kepada bapak kapolres yang baru, selamat bertugas di Kota Palu. Selanjutnya kepada bapak AKBP Riza Faisal, kami atas nama Pemerintah Kota Palu mengucapkan selamat jalan, selamat bertugas dan sukses selalu,” ucap Walikota Hadianto.

TRADISI PEDANG PORA

Upacara tradisi pedang pora mewarnai penyambutan pejabat baru dan perpisahan pejabat lama Kapolres Palu di mapolres setempat, Jalan Sam Ratulangi, Senin.

Penyambutan diawali pengalungan bunga di pintu gerbang Mapolres Palu, dan selanjutnya kapolres baru dan lama memasuki halaman markas di bawah penghormatan pedang pora dari para perwira yang ditunjuk.

Setelah itu disambut lagi dengan tarian tradisional serta bersalaman dengan pejabat Polres Palu diawali dari wakapolres, dan pejabat utama lainnya.

Dalam sambutan perpisahannya, AKBP Riza Faisal menyampaikan terima kasih atas kerjasama dengan seluruh anggota Polres Palu.

“Saya bertugas di Polres Aceh Utara Polda Aceh dan bisa saja kembali ke Palu untuk penugasan. Jangan lepas tali persaudaraan kita, tetap semangat,” katanya.

Sementara itu, AKBP Bayu Indra Wiguno kepada para anggotanya mengatakan, mulai 9 Agustus 2021, dia mendapat amanah memimpin Polres Palu.

“Amanah tersebut harus dilaksanakan, dan apa yang sudah baik dibangun oleh kapolres lama, akan saya pertahankan serta saya tingkatkan,” katanya.

“Saya berharap apa-apa yang sudah dibantu kepada kapolres lama, tolong saya dibantu juga. Tolong saya diterima, dan mari kita bersama menjaga kamtibmas Kota Palu tetap kondusif,” ucapnya. CAL

Komentar