Gubernur Sulteng Sebut Penanaman Mangrove Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Bumi

-Donggala, Utama-
oleh

DONGGALA– Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Moh Sadly Lesnusa melakukan penanaman mangrove dalam rangka pencanangan gerakan tanam sejuta mangrove, bertempat di Kelurahan Kabonga, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Kamis (4/11/2021).

Hadir pula ikut penanaman mangrove Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) provinsi, Vera Rompas, Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Pusat, Nana Safriati Safrizal, serta pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan Moh Sadly Lesnusa menegaskan, penanaman mangrove dilaksanakan untuk mengembalikan ekosistem laut yang merupakan salah satu ekosistem produktif bagi kehidupan seperti terumbu karang yang menjadi daerah perlindungan dan perkembangan biota laut yang sangat beragam seperti ikan, kepiting, udang dan lainnya.

Kelestarian ekosistem laut katanya, harus senantiasa dijaga jangan sampai punah karena salah satu warisan yang paling berharga dan manfaat sangat luar biasa.

“Perlu kita sadari bahwa kebiasaan dalam keseharian warga yang turut menyebabkan kerusakan ekosistem mangrove perlu kita cegah. Saya berharap masyarakat tinggal di pesisir pantai dapat turut menjaga keasrian lingkungan yang merupakan salah satu sumber kekayaan,” katanya.

Dia mengatakan, penanaman pohon mangrove merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap bumi.

Karena kata dia, menanam mangrove menjadi salah satu langkah nyata dalam menjaga kelestarian alam yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT.

Hutan mangrove bisa menyimpan karbon serta sebagai mitigasi bencana seperti erosi abrasi air laut dan tsunami, apalagi Sulawesi Tengah pernah tertimpa bencana gempa bumi dan tsunami di tahun 2018.

Olehnya, dia memberikan apresiasi terhadap organisasi TP PKK Provinsi yang dipimpin langsung oleh ibu Vera Rompas Mastura yang memprakarsai kegiatan penanaman mangrove.

“Alhamdulillah gerakan seperti ini tentunya membawa berkah bagi pemerintah dan masyarakat di Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Donggala yang pada akhirnya nanti dapat membangkitkan aktivitas dan menumbuhkan optimisme ekonomi masyarakat di sekitar hutan mangrove,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sulteng, Vera Rompas Mastura menyatakan kesyukuran atas kunjungan ketua umumnya bersama rombongan dalam rangka penanaman mangrove yang diwakili oleh Ketua 4 Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan.

“Terima kasih sudah datang di tempat kami ini, terima kasih juga atas bantuan untuk masyarakat kota Palu melalui 1.000 paket sembako serta simulasi praktik lapangan di Kelurahan Birobuli Utara, Kelurahan Birobuli Selatan dan Kelurahan Donggala kodi,” ujarnya. LAH

Komentar