Kapolda Sulteng Pimpin Sertijab Dua Pejabat Utama dan Empat Kapolres

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) dua pejabat utama dan empat kapolres jajaran bertempat di Aula Rupatama, Selasa (9/11/2021).

Dalam kegiatan itu, Kapolda Sulteng, Irjen Polisi Rudy Sufahriadi bertindak selaku inspektur upacara dan turut dihadiri oleh Wakapolda, Brigjen Polisi Hery Santoso dan sejumlah pejabat utama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam sambutanya, Kapolda Sulteng mengatakan, sertijab yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan, pengalaman dan keluasan wawasan bagi pejabat yang bersangkutan sebagai bekal dalam pengembangan diri.

Hal ini sebagaimana dirumuskan dalam sistem pembinaan karir Polri.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan selamat datang di Provinsi Sulawesi Tengah dan selamat atas kepercayaan dan promosi jabatan yang diberikan pimpinan Polri kepada para pejabat baru untuk mengemban amanah dan tanggung jawab di wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah,” kata mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Kapolda juga berharap agar pejabat baru segera menyesuaikan dengan lingkungan tugas yang baru, ciptakan terobosan kreatif dengan selalu berpedoman pada program prioritas kapolri yakni Presisi.

“Saya juga berterima kasih serta mengapresiasi atas integritas, loyalitas dan kinerja kepada pejabat lama Polda Sulawesi Tengah dalam mengelola kamtibmas dan percepatan penanganan penyebaran Covid-19,” tutur Rudy.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Polisi Didik Supranoto mengatakan, sertijab ini digelar setelah Kapolri mengeluarkan Surat Telegram pada 31 Oktober 2021 tentang mutasi dan jabatan perwira tinggi dan menengah Polri.

Dalam surat telegram tersebut, terdapat dua pejabat utama dan empat kapolres jajaran Polda Sulteng yang mendapat rotasi dan promosi jabatan yakni Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus), Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum), Kapolres Banggai, Kapolres Bangkep, Kapolres Parigi, dan Kapolres Sigi.

Dua pejabat utama Polda Sulteng yang diganti itu adalah Direktur Reskrimsus, Kombes Polisi Afrisal dipromosikan ke Polda Sulawesi Barat dengan jabatan sama.

Penggantinya adalah Kombes Polisi Ilham Saparona yang sebelumnya menjabat Direktur Reskrimum Polda Papua Barat.

Satu lagi adalah Direktur Reskrimum Polda Sulteng, Kombes Polisi Novia Jaya mendapat promosi ke Polda Papua Barat dalam jabatan yang sama.

Jabatan Direktur Reskrimum Polda Sulteng kini dipegang Kombes Polisi Parojahan Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai penyidik di Badan Reserse Kriminal Polri.

Sementara empat kapolres di Sulteng yang dimutasi yakni Kapolres Banggai, Sigi, Parigi Moutong, dan Banggai Kepulauan (Bangkep).

Kapolres Banggai, AKBP Satria Adrie Vibrianto diangkat dalam jabatan barunya sebagai Wakil Direktur Intelkam Polda Sulteng. Kapolres Banggai dijabat oleh AKBP Yoga Priyahutama yang sebelumnya menjabat Kapolres Sigi.

Kapolres Sigi selanjutnya dijabat oleh AKBP Reja A Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Kapolres Bangkep.

Kapolres Bangkep selanjutnya dijabat oleh AKBP Bambang Herkamto yang sebelumnya menjabat Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng.

Berikutnya adalah Kapolres Parigi Moutong, AKBP Andi Batara Purwacaraka diangkat dalam jabatan barunya sebagai Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Sulteng.

Jabatan Kapolres Parigi Moutong selanjutnya dijabat oleh AKBP Yudi Arto Wiyono yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulteng. CAL

Komentar