Gubernur Sulteng Harap Forkopimda Tingkatkan Sebaran Vaksinasi Covid-19

-Utama-
oleh

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura memimpin rapat forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) di ruang kerjanya, Jumat (12/11/2021).

Agenda rapat forkopimda adalah masalah yang menjadi perhatian secara internasional, nasional dan daerah yakni terkait dengan penanganan Covid-19. Gubernur mengatakan, penanganan Covid-19 di wilayahnya mendapat apresiasi dari Presiden RI.

Hal ini juga melihat peningkatan kasus Covid-19 saat ini sangat rendah, tetapi jangan membuat satgas lalai dan para kepala daerah untuk terus mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Gubernur melihat bahwa saat ini penyebaran vaksin kepada masyarakat pada beberapa kabupaten masih sangat rendah karena jauh lebih rendah dari target yang ditetapkan pemerintah secara nasional.

Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, dr I Komang Adi Sujendra melaporkan saat ini penetapan PPKM level 1 adalah Kabupaten Morowali.

Sementara untuk PPKM level 2 adalah Kabupaten Morowali Utara, Buol, Banggai Laut, Tojo Unauna dan Kota Palu.

Selanjutnya level 3 di Kabupaten Banggai, Poso, Donggala, Tolitoli, Banggai Kepulauan (Bangkep), Parigi Moutong, dan Sigi.

Kadis Kesehatan menyampaikan, sebaran vaksin untuk beberapa kabupaten masih sangat rendah seperti Parigi Moutong, Sigi, Tojo Unauna dan Bangkep.

“Sesuai dengan target nasional di akhir November 2021 ini capaian vaksinasi sudah harus 70%,” katanya.

Seluruh unsur forkopimda akan mendukung peningkatan sebaran vaksin kepada masyarakat.

Saat ini kata gubernur, pemerintah daerah dan forkopimda diharapkan untuk meningkatkan sebaran vaksinasi untuk mencapai target 70 % secara nasional.

Dia meminta agar Kanwil Agama dapat membuat imbauan kepada tokoh agama dan selanjutnya disampaikan kepada umat agar ikut menerima vaksin.

“Tujuan vaksin adalah untuk menimbulkan kekebalan tubuh manusia dari Covid-19,” tuturnya.

Dia menyampaikan harapan Presiden RI agar masyarakat tidak panik dan menimbulkan rasa takut terhadap Covid-19.

Tetapi kata dia, kedepan masyarakat harus terus bisa hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatannya. HAL

Komentar