Tinjau Vaksinasi di Tolitoli, Wakapolda Sulteng Sebut Ada Tiga Kunci Utama Penanganan Covid-19

-Tolitoli, Utama-
oleh

TOLITOLI– Wakapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Brigjen Polisi (Pol) Hery Santoso bersama Direktur Polairud, Kombes Pol Indra Rathana meninjau pelaksanaan vaksinasi di UPT Puskesmas Galang, Desa Tinigi, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Jumat (12/11/2021).

Kapolres Tolitoli, AKBP Budhi Batara Pratidina beserta para pejabat utama Polres Tolitoli, Bupati Tolitoli, Amran H Yahya dan Kepala Dinas Kesehatan setempat juga turut mendampingi.

Di lokasi vaksin tersebut, Wakapolda Sulteng melihat langsung tahapan-tahapan vaksinasi. Selain itu, wakapolda juga berdialog dengan para vaksinator dan masyarakat yang dirangkaikan dengan pemberian bantuan sosial kepada perwakilan masyarakat.

Wakapolda Sulteng mengatakan, peninjauan ini untuk memastikan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Polri, TNI, serta pemerintah daerah berjalan dengan baik dan lancar.

“Salah satu strategi paling efektif saat ini dalam mencegah penyebaran Covid-19 yaitu vaksinasi. Karena dengan adanya vaksinasi ini, tercipta kekebalan komunal agar terhindar dari Covid-19,” kata Wakapolda Sulteng.

Wakapolda Sulteng menuturkan, upaya percepatan vaksinasi di wilayahnya terus digencarkan, dimana saat ini mencapai 44%.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksin agar segera mendatangi gerai-gerai vaksin yang ada di Tolitoli, sehingga herd immunity atau kekebalan kelompok juga akan cepat tercapai,” ujar Wakapolda Sulteng.

Saat ini kata dia, ada tiga kunci utama penanganan pandemi Covid-19, yaitu disiplin protokol kesehatan (prokes) 5M, 3T, dan akselerasi vaksinasi massal.

“Disiplin protokol kesehatan 5M itu adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas, dan 5M ini harus tetap dipatuhi oleh masyarakat meskipun sudah mengikuti vaksinasi,” ucap Wakapolda Sulteng.

Sedangkan 3T yakni testing, tracing, dan treatment. Kemudian kunci ketiga adalah percepatan vaksinasi massal, seperti yang dilaksanakan saat ini.

Hery mengatakan, ada empat manfaat vaksinasi yakni mencegah diri sendiri dan orang terkena Covid-19, membantu menghentikan penyebaran Virus Corona di tempat lain, dan keempat turut menjaga generasi berikutnya.

“Kami juga mengajak masyarakat agar terus menggelorakan vaksinasi kepada keluarga, tetangga, teman maupun masyarakat lainnya. Perlu diingat, yang sudah vaksinasi tahap pertama wajib menjalani vaksinasi tahap kedua sesuai waktu yang sudah ditentukan,” imbaunya kembali.

Dalam kesempatan itu, Wakapolda Sulteng pun mengajak masyarakat agar tidak mudah percaya berita hoaks tentang pandemi Covid-19 dan vaksinasi. CAL

Komentar