70 Peserta akan Ikut Kejuaraan Paralayang di Parimo, Bonus Disiapkan Rp 50 Juta

-Parigi Moutong, Utama-
oleh

PARIMO– Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Asgaf mengatakan, kegiatan Paralayang Gubernur Cup terbuka di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan memperebutkan bonus total Rp 50 juta.

Hal itu disampaikan Asgaf saat memaparkan kesiapan kejuaraan Paralayang di hadapan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Parimo di Lolaro, akhir pecan kemarin.

Asgaf mengatakan, sekira 70 orang yang sudah mendaftarkan diri secara online siap mengikuti kejuaraan Paralayang tersebut.

“Pendaftaan Paralayang kami buka secara online. Kemarin kami batasi 60 peserta saja, namun banyak yang minta WA (WhatsApp) langsung ke saya agar ditambahkan kuotanya, akhirnya kami tambahkan 10 lagi hingga menjadi 70 peserta, kemungkinan masih bertambah dan masih kami pertimbangkan, dan ini luar biasa peminatnya,” ucapnya.

Pertimbangan pertama kata Asgaf, karena Paralayang di Parimo tepatnya di Bukit Lagueyas Tinombo belum pernah dilakukan kejuaraan untuk nomor ketepatan mendarat.

Sehingga kata dia, tempat itu menjadi suatu tantangan dan memang sangat strategis untuk kejuaraan Paralayang.

Kejuaraan Paralayang kata Asgaf, untuk nomor ketepatan mendarat biasanya ditentukan jumlah flight atau jumlah sortir penerbangan minimal enam kali.

Tetapi kata Asgaf, minimal dijadikan satu kali flight saja, artinya 70 bisa terbang satu flight dan bisa dinyatakan kualitas kejuaraan valid.

Menurut Asgaf, peserta cukup banyak. Dari Sulawesi Utara mendaftarkan atletnya 13 orang, Sulawesi Selatan 10, Gorontalo dua, DKI Jakarta dua, Jawa Barat enam, Jawa Timur satu, dan masih banyak lagi.

Dia mengatakan, Kejuaraan Paralayang diubah namanya menjadi Kejuaraan Paralayang Gubernur Cup Terbuka,  terbuka untuk provinsi lain.

“Kalau kejurnas itu 12 kali flight per orang, dan tempatnya harus sudah pernah melakukan kejuaraan dan terpenuhi syaratnya. Mudah-mudahan tempat ini bisa menjadi lokasi kejurnas nantinya,” tuturnya.

Adapun nomor yang dilombakan adalah senior perorangan/beregu, junior perorangan/beregu, serta putri perorangan/beregu.

“Ada enam nomor lomba yang kami lombakan, dan total hadiah yang disiapkan KONI Provinsi Sulteng Rp 50 juta,” ujarnya. LAH

Komentar

News Feed