BIN Sulteng Realisasikan Vaksinasi Massal Covid-19 di 11 Kecamatan Parimo

-Parigi Moutong, Utama-
oleh

PALU– Pihak Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) ikut mengambil peran dalam merealisasikan target vaksinasi dalam rangka membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

BIN Sulteng sendiri telah merealisasikan vaksinasi massal Covid-19 di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Dengan keterlibatan BIN, target vaksinasi yang ditetapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Parimo bahkan bisa terlampaui.

Dinkes Parimo sendiri menargetkan sebanyak 21.200 dosis vaksin Sinovac dan Pfizer. Hingga 13 Desember 2021 kemarin, target yang terealisasi mencapai 21.727 dosis atau sudah melebihi 100 persen.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sulteng, Brigjen TNI Andi Chandra As’adudin mengatakan, pihaknya berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) agar masyarakat terlindungi dari wabah Covid-19.

Meski demikian kata dia, BIN tidak bekerja sendiri, melainkan menjalin kerja sama dengan pihak pemerintah daerah seperti di Poso, Parimo, Morowali, Banggai, Morowali Utara, Banggai Kepulauan, dan Kota Palu.

“Bentuk kerja sama berupa mendukung cakupan vaksinasi melalui penyiapan sasaran vaksin, merekrut dan mengoperasional tenaga vaksinator, dan bantuan vaksin,” tuturnya, Selasa (14/11/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa kegiatan vaksinasi BIN juga dimonitor langsung oleh Presiden Joko Widodo secara virtual, seperti vaksinasi santri di Kompleks Alkhairaat Palu, serta vaksinasi pelajar di SMA Negeri 3 Poso dan SMA Negeri 1 Parigi.

Dia mengakui terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan vaksinasi di Sulteng, diantaranya masifnya informasi negatif di awal pelaksanaan vaksinasi, stok vaksin sempat difokuskan di Pulau Jawa, dan kondisi geografis wilayah.

“Beberapa kendala lainnya tidak kami sebutkan secara terbuka. Namun semua dapat diatasi dengan keterpaduan berbagai pihak,” ujarnya. Dia berharap, di sisa waktu 20 hari pencapaian target vaksinasi nasional sebesar 70 persen pada Desember 2021 dapat dipenuhi oleh pemerintah daerah. CAL

Komentar