Pj Sekprov Sulteng: Tidak Ada Pemimpin Lahir dari Zona Nyaman!

-Utama-
oleh

PALU– Pihak Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar acara Capacity Building bertema “The 6 Critical Practices For Leading a Team” bagi pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di sebuah hotel Jalan Malonda, Kota Palu, Jumat (17/12/2021) malam.

Gubernur Sulteng diwakili Penjabat (Pj) Sekprov, Moh Faizal Mang membuka acara sekaligus membaca sambutan.

Menurut gubernur dalam sambutannya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan pejabat pada aspek-aspek penting yang dibutuhkan seperti public speaking, critical thinking, team working, dan leadership.

“Acara ini sebenarnya refreshing supaya kita dapat mencapai goal (tujuan) dari organisasi,” katanya. Dengan mengikuti kegiatan, gubernur berharap teknik kepemimpinan para pejabat JPT semakin terasah.

“Pelaut hebat bukan lahir dari lautan yang tenang tapi dari lautan dengan ombak besar dan badai. Begitu juga dengan pemimpin hebat, dia tidak lahir dari zona nyaman dan zona instan, tapi dibentuk dari akumulasi kesulitan, tantangan bahkan air mata,” tutur Pj Sekprov memotivasi dengan sebuah perumpamaan.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Sulteng, Novalina melaporkan bahwa kegiatan terpaksa dibuat di waktu weekend karena suatu pertimbangan.

“Karena paling memungkinkan mengajak bapak ibu di waktu ini (weekend) daripada dibuat di hari kerja yang pasti kesibukan sangat tinggi apalagi di penghujung tahun,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa kemampuan kepemimpinan pejabat JPT perlu terus diperbaharui agar tidak usang.

“(Kepemimpinan) Perlu dilatih, dipelajari dan direfresh,” mengingatkan agar pejabat JPT terus mempelajari ilmu-ilmu kepemimpinan.

Kegiatan berlangsung dari Jumat malam sampai Ahad sore dengan total 21 jam pelajaran. HAL

Komentar