Seru, Adu Cepat Lomba Kupas Kelapa di Baramean Bahari Balantak

-Banggai, Utama-
oleh

BANGGAI– Masyarakat di Kecamatan Balantak Utara dan Balantak Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah mengikuti adu cepat lomba kupas kelapa pada perhelatan Baramean Bahari Balantak yang dilaksanakan sejak 24 hingga 26 Juni 2022 di Desa Pulo Dua.

“Lomba adu cepat kupas kelapa diselenggarakan mengingat potensi kelapa di wilayah pesisir perairan Balantak begitu besar dan menjadi sumber-sumber penghidupan bagi masyarakat di wilayah ini dan keseharian masyarakat juga mengelola kelapa menjadi kopra bahkan minyak kelapa serta untuk kebutuhan ibu rumah tangga,” ujar Rifai, Staf Lapangan Relawan untuk Orang dan Alam (ROA), Ahad (26/6/2022).

Dia menambahkan, bukan hanya petani kelapa, lomba adu cepat kupas kelapa itu juga diikuti kalangan nelayan.

Karena menurutnya, nelayan juga bahkan memiliki kebun kelapa dan olahan lainnya, sehingga jika diamati masyarakat sesungguhnya telah memiliki kemampuan adaptasi terhadap situasi alam.

“Kemampuan-kemampuan dimiliki oleh masyarakat secara turun temurun menghadapi situasi perubahan alam yang menyebabkan penghidupan mereka terganggu, semisal ketika musim angin yang menyebabkan nelayan tak bisa melaut sesungguhnya adalah merupakan model adaptasi sudah dijalankan oleh masyarakat menghadapi situasi tidak menguntungkan bagi penghidupan mereka,” ungkap Rifai.

Lomba adu cepat kupas kelapa diikuti dari peserta Desa Kuntang, Kampangar, Pulo Dua, Luok dan Talang Batu yang merebutkan total hadiah Rp 2.250.000.

Kegiatan ini didukung oleh ROA, Critical Ekosistem Fund Patnership dan Burung Indonesia serta pemerintah kecamatan dan pemerintah desa di Kecamatan Balantak Utara dan Balantak.

Hal senada juga disampaikan oleh Bambang, warga Balantak yang juga memiliki rumah di Pulo Dua membenarkan bahwa 90 persen kelapa diolah menjadi kopra sebagai sumber pendapatan dari kebun kelapa, sisanya biasa mengolah kelapa jadi minyak kelapa, baik untuk digunakan sendiri ataupun dijual di sekitar tempat tinggal.

Selain adu cepat kupas kelapa, dalam acara Baramean Bahari Balantak itu juga dilaksanakan lomba jalan santai berhadiah, lomba menggambar anak sekolah dasar bertema kehidupan laut, vaksin yang didukung oleh Puskesmas Balantak Utara. BAL

Komentar