Barantan Palu Bagikan 300 Bibit Tanaman Hortikultura ke Rumah Ibadah

-Utama-
oleh

PALU– Pihak Balai Karantina Pertanian (Barantan) Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) membagikan sebanyak 300 bibit tanaman hortikultura untuk ditanam di berbagai rumah ibadah dalam rangka memperingati hari Karantina Pertanian yang ke 142 tahun yang dirayakan pada 18 Oktober 2022.

“Kami siapkan bibit dan sasaran kami adalah rumah-rumah ibadah khususnya yang ada di sekitar kantor Barantan Palu,” kata Kepala Barantan Palu, Amril di Palu, Selasa (11/10/2022).

Amril mengatakan, Barantan Palu tidak hanya membagikan bibit tanaman hortikultura, melainkan juga menggelar pasar murah dalam rangka mendukung program pengendalian pangan nasional di halaman Kantor Barantan Palu, Sulawesi Tengah.

“Ada lima jenis tanaman yang kita bagikan kepada masyarakat salah satunya adalah bibit cabai, kami hanya memfasilitasi kalau ada bibit maka kita akan bagi kepada masyarakat,” tuturnya.

“Tanaman cabai dipilih karena dinilai harga komoditas cabai di pasaran cenderung tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng, Richard Arnaldo Djanggola mengapresiasi langkah Barantan Palu dalam mendukung program nasional dan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dengan harga yang lebih murah.

Tidak hanya itu, ujar dia, pasar murah tersebut juga melibatkan beberapa usaha mikro kecil menangan (UMKM) untuk memasarkan produk olahan lokal, salah satunya kelor merah khatulistiwa.

“Di Palu inflasi cabai sempat tinggi dan sekarang mulai stabil, pemerintah berupaya agar harga di pasaran itu tetap stabil dan program penanaman cabai tetap dijalankan,” katanya. ANT

Komentar