Gubernur Sulteng Terima Penghargaan Layanan Investasi Terbaik di Jakarta

-Utama-
oleh

JAKARTA– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menerima anugerah penghargaan Layanan Investasi Terbaik II Kategori Provinsi, di Kantor Kementerian Investasi dan BKPM, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Penghargaan Layanan Investasi yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin itu dihadiri beberapa Menteri Indonesia Maju seperti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, MenpanRB Abdullah Azwar Anas, serta Menteri Investasi dan BKPM Bahlil Bahadalia.

Pada kesempatan itu Menteri Investasi dan BKPM, Bahlil Bahadalia menyampaikan pada tahun 2022 target investasi Indonesia sebesar Rp 1.200 triliun.

Arahan Presiden RI Joko Widodo agar memastikan layanan serta kemudahan investasi terus berjalan baik.

Peningkatan investasi juga harus terus dipacu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Menteri Bahlil menyampaikan bahwa perbandingan investasi PMDN dan PMA tahun 2022 sudah seimbang.

Untuk PMA mencapai 53 % dan PMDN mencapai 47%. Untuk PMA yang terbesar dari Negara Singapura, selanjutnya China, Amerika, dan Belanda.

Untuk investasi saat ini Sulawesi Tengah menjadi daerah yang paling diminati PMA.

Sehingga dengan tingginya investasi nilai tambah untuk daerah harus dilakukan.

“Jangan daerah hanya menjadi penunton, juga ikut sebagai pelaku,” katanya.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyampaikan rasa bangga dengan pemerataan daerah investasi di Indonesia antara Jawa dan luar Jawa.

Wapres juga menyampaikan rasa bangga karena sudah terjadi perimbangan nilai investasi dari PMDN serta PMA sesuai laporan Menteri Investasi dan BKPM.

Ma’ruf Amin menyampaikan agar nilai tambah investasi dapat terwujud, kemanfaatan untuk kesejahteraan masyarakat dan mengurangi pengangguran serta memanfaatkan tenaga kerja lokal.

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura menyampaikan rasa syukur atas penganugerahan Layanan Investasi. Dimana Sulawesi Tengah terbaik II Tingkat Provinsi unuk Layanan Investasi Terbaik secara nasional. “Hal ini merupakan kebanggaan buat daerah Sulawesi Tengah,” katanya.

Rusdy Mastura menyampaikan bahwa sekarang mata dunia tertuju ke Sulteng untuk berinvestasi bidang sumber daya alam (SDA).

Untuk itu gubernur menyampaikan bahwa investasi yang datang harus melibatkan perusahaan daerah, sehingga perusahaan lokal ikut mengelola SDA yang ada di Sulteng.

Selain itu pemanfaatan tenaga kerja lokal, masyarakat Sulawesi Tengah harus menikmati investasi yang ada dan juga harus dapat meningkatkan fiskal daerah. LAH

Komentar