OJK Pastikan Akses Jasa Keuangan di Sulteng Semakin Mudah

-Ekonomi, Utama-
oleh

PALU– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memastikan akses masyarakat ke seluruh jasa keuangan di provinsi tersebut semakin mudah.

“Karena pada dasarnya akses keuangan merupakan hak dasar bagi seluruh masyarakat dan memiliki peran penting dalam meningkatkan hidup,” kata Kepala OJK Sulteng Triono Raharjo di Palu, Sulteng, Ahad (30/10/2022).

Dia menjelaskan, klaim itu berdasarkan hasil edukasi yang selama ini telah dioptimalkan terhadap seluruh industri jasa keuangan (IJK) di provinsi tersebut agar memberikan pelayanan secara maksimal maupun prima.

“Edukasi itu tidak hanya terhadap IJK, akan tetapi juga ditujukan terhadap masyarakat umum maupun pelajar melalui kerjasama OJK dan IJK,” ucapnya.

Lebih dari itu, memastikan kemudahan akses terhadap jasa keuangan di Sulteng yang kian memberikan dampak positif bagi masyarakat merupakan hasil dari sinergi dan kolaborasi bersama pemerintah provinsi Sulteng serta seluruh pihak terkait.

Meskipun begitu, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid memberikan tantangan kepada OJK untuk menghilangkan paradigma eksklusif industri jasa keuangan bagi masyarakat.

“Paradigma eksklusif yang kita kenal sekarang harus berubah menjadi inklusif. Sehingga masyarakat tanpa batas bisa merasakan akses keuangan sesuai peraturan yang berlaku,” tutur Hadianto.

Oleh karena itu, dia menyampaikan bulan inklusi keuangan (BIK) menjadi momentum tepat dalam mewujudkan paradigma eksklusif menjadi inklusif.

Sebab, sambung Hadianto, BIK merupakan sarana edukasi dan literasi untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat sehingga semakin kuat. “Oleh karena itu bulan inklusi keuangan harus menjadi momentum tepat mewujudkan akses keuangan yang lebih inklusif sebagai manifestasi,” kata Hadianto. ANT

Komentar