Gubernur Isran Dorong Pengusaha Kaltim Jalin Kerjasama dengan Sulteng

-Utama-
oleh

KALTIM– Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor mendorong para pengusaha di wilayahnya untuk secepat mungkin menjalin kerjasama dengan pengusaha Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui misi dagang.

“Kegiatan misi dagang dan investasi ini sebagai tindak lanjut kesepakatan Sulawesi Tengah dengan  Kalimantan Timur yang telah disepakati melalui MoU beberapa waktu yang lalu,” kata Isran Noor saat beramah tamah dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka kunjungan kerja Misi Dagang Sulteng di Kaltim, di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (9/11/2022) malam.

Pada kesempatan itu, Irsan Noor menyampaikan, Provinsi Kaltim dan Sulteng memiliki kelebihan yaitu sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah.

Tentunya misi dagang ini menjadi peluang yang besar, apalagi akan dibangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

Selain itu kata dia, bisnis yang paling efisien dan paling murah tetapi menguntungkan adalah batu, dan batu dari Sulteng yaitu batu Palu merupakan batu terbaik seantero Nusantara.

“Apalagi kebutuhan demi menunjang pembangunan infrastruktur Kalimantan kedepan akan membutuhkan batu. Namun selain batu Palu, Sulteng juga merupakan penyuplai produk pertanian dan hewan,” kata Isran Noor.

Isran mengakui, momen misi dagang antar wilayah memiliki peluang besar untuk meningkatkan perekonomian antar wilayah.

Namun kegiatan misi dagang termasuk jarang dilakukan. Selama menjabat gubernur, baru Gubernur Sulteng yang intens.

Sementara itu, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura mengatakan, kehadirannya bersama rombongan dalam rangka kegiatan misi dagang dimaksudkan untuk memperluas dan memperkuat jaringan perdagangan di Kaltim sebagai pintu masuk logistik IKN dengan tujuan utama jaringan perdagangan kuat melalui Business to Business.

Rusdy Mastura menyampaikan, Sulawesi Tengah masuk dalam tiga besar provinsi berdasarkan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi dengan presentase pertumbuhan ekonomi mencapai 11,17 persen.

“Selain itu Alhamdulilah, Sulteng masuk sembilan besar surplus beras nasional dan kami pun mendapat penghargaan pengelolaan keuangan terbaik dari Kementerian Keuangan,” tuturnya.

Gubernur Rusdy Mastura mendorong semua pihak untuk bangkit membangun perekonomian.

“Kita kawasan timur harus bisa berdiri sejajar dengan kawasan Barat Indonesia,” ujarnya.

Dalam kunjungan kerja misi dagang ini, Gubernur Rusdy juga didampingi Bupati Donggala Kasman Lassa serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah serta Kadin Sulteng. CAL

Komentar