Polresta Palu akan Tindak Tegas Penyelenggara Nobar Piala Dunia Tanpa Izin

-Utama-
oleh

PALU– Polresta Palu di Sulawesi Tengah menyatakan akan menindak tegas bagi para penyelenggara nonton bareng (nobar) Piala Dunia 2022 tanpa izin dari pemilik hak siar, PT Surya Citra Media.

“Satreskrim Polresta Palu akan menindak penyelenggara nobar Piala Dunia apabila ada laporan dari pihak pemegang hak siar dalam hal ini pihak SCM atau PT Surya Citra Media dan atau kuasa hukum yang telah ditunjuk,” tegas Kapolresta Palu, Kombes Polisi Barliansyah kepada jurnalis media ini, Rabu (23/11/2022).

Olehnya selaku kapolresta, dia mengimbau para pemilik atau pengelola hotel, kafe, kantin, restoran, ruang karaoke, mal, dan lain-lain yang akan melaksanakan atau mengadakan nobar agar dapat melakukan kerjasama dengan pemegang hak siar Piala Dunia sebelum melakukan kegiatan nobar tersebut.

Dia menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, pelanggaran hak cipta dikategorikan sebagai delik aduan.

Sejauh ini kata dia, pihaknya belum menerima laporan atau aduan dari pihak pemegang hak siar terkait penyelenggaraan nobar Piala Dunia di wilayahnya.

Kapolresta juga menegaskan, pihaknya juga telah menerima permintaan izin nobar, namun tidak direkomendasikan selama tidak ada izin resmi dari pemegang hak siaran.

Sementara itu, dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, apabila terbukti bersalah, pemilik kafe, warung kopi dan lain-lain yang menayangkan konten secara ilegal itu dapat dikenai Pasal 118 ayat (1) juncto Pasal 25 ayat (2) dengan sanksi pidana maksimal hingga 4 tahun penjara dan denda hingga Rp 1 miliar. HAL

Komentar