Pemkab Dukung Untad KKN Tematik Stunting di Sigi

-Utama-
oleh

SIGI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, mendukung Universitas Tadulako (Untad) Palu melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Stunting Tahun 2023 di wilayahnya untuk menekan kasus kekerdilan.

“KKN tematik Untad Palu akan dilaksanakan mulai Februari 2023,” ucap Wakil Bupati (wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi, Senin (9/1/2023).

Dia mengatakan, berdasarkan surat yang diterima dari Untad bahwa pelaksanaan KKN Tematik Stunting selama sebulan mulai pertengahan Februari hingga pertengahan Maret 2023.

Samuel mengatakan, pelaksanaan KKN Tematik Stunting di Sigi merupakan tindak lanjut kerja sama antara Pemkab Sigi dengan Untad Palu.

“Kerja sama dua belah pihak ini merupakan upaya untuk membangun sumber daya manusia yang unggul serta optimalisasi pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Prevalensi stunting di Kabupaten Sigi berdasarkan survei Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (PPGBM) bahwa pada 2019 kasus stunting 20,2 persen, pada 2020 sebesar 16,5 persen, dan pada 2021 sebanyak 14,4 persen.

“Dengan adanya KKN Tematik Stunting ini, tentu menjadi upaya bersama. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada Untad Palu dan Pemprov Sulteng, karena Sigi menjadi satu daerah sasaran pelaksanaan KKN tematik pencegahan stunting,” katanya.

Dia berharap, KKN Tematik Stunting yang dilaksanakan oleh mahasiswa dapat menemukan penyebab stunting sehingga menjadi referensi Pemkab Sigi dalam pengambilan kebijakan.

“Di samping itu, KKN ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup yang sehat, disertai dengan pemenuhan gizi yang layak,” ujarnya. ANT

Komentar