MasyaAllah! Lima Tanaman Ini Tercatat dalam Al Quran, Buahnya Sering Dimakan Sehari-hari

-Kesehatan, Utama-
oleh

JAKARTA– Buah tin, kurma dan zaitun termasuk beberapa jenis tanaman yang disebutkan dalam Al Quran. Buah dari tanaman ini dapat dikonsumsi dan memberikan manfaat bagi manusia.

Al Quran berisi berbagai hal yang berkaitan dengan kebesaran Allah SWT dan ciptaan-Nya, panduan kehidupan sehari-hari bahkan berisi petunjuk dan pedoman yang menyangkut seluruh aspek kehidupan umat manusia dan berlaku sepanjang masa.

Dalam Al Quran juga tercantum beberapa ciptaan Allah SWT, termasuk tumbuhan. Ada banyak tumbuhan yang disebutkan dalam Al Quran, masing-masing tumbuhan ini memiliki keunggulan dan manfaat bagi kehidupan.

Sebut saja salah satunya kurma, buah yang memiliki segudang manfaat karena kandungan nutrisinya yang berlimpah.

Selain kurma, banyak juga tumbuhan lainnya yang disebutkan dalam Al Quran. Mengutip buku Agribisnis Syariah oleh Nurdin Mappa dan Ardi Rumallang, menjelaskan ada beberapa ayat dalam Al Quran yang menyebutkan tumbuhan.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-An’am ayat 141

۞ وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٍ مَّعْرُوشَٰتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَٰتٍ وَٱلنَّخْلَ وَٱلزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُتَشَٰبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۚ كُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَءَاتُوا۟ حَقَّهُۥ يَوْمَ حَصَادِهِۦ ۖ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Artinya: Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Kemudian dalam surat Al-Baqarah ayat 61 juga dijelaskan beraneka tumbuhan yang dapat dimanfaatkan umat manusia.

وَإِذْ قُلْتُمْ يَٰمُوسَىٰ لَن نَّصْبِرَ عَلَىٰ طَعَامٍ وَٰحِدٍ فَٱدْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنۢبِتُ ٱلْأَرْضُ مِنۢ بَقْلِهَا وَقِثَّآئِهَا وَفُومِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۖ قَالَ أَتَسْتَبْدِلُونَ ٱلَّذِى هُوَ أَدْنَىٰ بِٱلَّذِى هُوَ خَيْرٌ ۚ ٱهْبِطُوا۟ مِصْرًا فَإِنَّ لَكُم مَّا سَأَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ ٱلذِّلَّةُ وَٱلْمَسْكَنَةُ وَبَآءُو بِغَضَبٍ مِّنَ ٱللَّهِ ۗ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا۟ يَكْفُرُونَ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ وَيَقْتُلُونَ ٱلنَّبِيِّۦنَ بِغَيْرِ ٱلْحَقِّ ۗ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوا۟ وَّكَانُوا۟ يَعْتَدُونَ

Artinya: Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya”. Musa berkata: “Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta”. Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui.

Tumbuhan yang Disebutkan dalam Al Quran
1. Buah tin

Buah tin disebutkan dalam beberapa ayat Al Quran. Bahkan ada satu surat yang bernama At Tin. Hal ini menandakan bahwa buah tin termasuk buah yang istimewa.
Buah tin memiliki banyak manfaat dan saat ini banyak dibudidayakan karena kerap dikonsumsi. Buah tin memiliki rasa yang manis dan bahkan dijuluki buah surga. Tanaman yang memiliki nama latin Ficus carica ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi.
Allah berfirman dalam surat at-Tin ayat 1
وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ

Arab-Latin: wat-tīni waz-zaitụn

Artinya: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.
2. Buah zaitun

Buah zaitun juga termasuk buah yang disebut dalam Al Quran.

Dilansir dari CNN (16/2/2023) buah zaitun tak hanya disebutkan dalam surat At-Tin saja tetapi juga disebutkan beberapa kali dalam surat An-Nur, Al-An’am, An-Nahl, Al-Mu’minun, dan Abasa.
Buah zaitun merupakan buah yang diberkahi oleh Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam surat An Nur ayat 35.

ٱللَّهُ نُورُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِۦ كَمِشْكَوٰةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ ٱلْمِصْبَاحُ فِى زُجَاجَةٍ ۖ ٱلزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّىٌّ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِى ٱللَّهُ لِنُورِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَيَضْرِبُ ٱللَّهُ ٱلْأَمْثَٰلَ لِلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ

Artinya: Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
3. Kurma

Buah kurma juga termasuk buah yang disebut dalam Al Quran. Buah kurma disebutkan beberapa kali dalam Al Quran seperti dalam surat Al-An’am ayat 99, Ar-Rad ayat 4, An-Nahl ayat 67, dan Maryam ayat 25.

Buah kurma memiliki rasa manis dan mengandung nutrisi yang banyak. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan makan kurma ketika berbuka puasa.
4. Delima

Buah delima disebutkan tiga kali dalam Al Quran yakni dalam surat Al-An’am ayat 99 dan 141 dan surat Ar-Rahman ayat 68. Tentu saja hal ini menjadi tanda bahwa delima adalah buah yang istimewa.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-An’am ayat 99.

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَأَخْرَجْنَا بِهِۦ نَبَاتَ كُلِّ شَىْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًا وَمِنَ ٱلنَّخْلِ مِن طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّٰتٍ مِّنْ أَعْنَابٍ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۗ ٱنظُرُوٓا۟ إِلَىٰ ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَيَنْعِهِۦٓ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكُمْ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: “Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan,”
5. Pisang

Pisang juga disebutkan dalam Al Quran di surat Al-Waqiah ayat 29.

وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ

Arab-Latin: Wa ṭal-ḥim manḍụd

Artinya: Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).

Itulah beberapa tumbuhan yang disebutkan dalam Al Quran. Sebagian tumbuhan ini mudah dijumpai dan sering dijadikan makanan sehari-hari.

(sumber: detik.com)

Komentar