Pemkot Palu Galakkan Pemasaran Produk UMKM Secara Nasional

-Ekonomi, Utama-
oleh

PALU– Wakil Wali Kota (Wawali) Palu, dr Reny A Lamadjido menjadi narasumber dalam dialog bersama RRI Palu pada Rabu (29/3/2023).

Dialog di Studio RRI Palu itu bertajuk “Kopi Anda” atau Komentar dan Opini Anda dengan mengangkat tema “Efektivitas Pemberdayaan UMKM di Kota Palu”.

Wawali Reny dalam paparannya, secara garis besar menyampaikan bahwa targetnya UMKM yang direkrut di Kota Palu berjumlah sekira 23.000.

“Yang bisa kami rekrut sekarang ini sudah berjumlah 3.681 UMKM,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palu memiliki sejumlah program berkaitan dengan UMKM seperti pelatihan kewirausahaan, digital entrepreneurship, pelatihan branding dan kemasan, pelatihan entrepreneurship kampus, dan workshop e-katalog.

Wawali menyatakan para pelaku UMKM harus diberikan pemahaman dan bekal, sehingga menjadi UMKM yang betul-betul profesional dan produktif.

Dia mengungkapkan pihaknya saat ini sedang menggalakkan pemasaran produk-produk UMKM melalui dinas terkait.

Contohnya saja kali ini, katanya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu sedang melakukan pendekatan dengan pihak Sarinah, sehingga nantinya produk Bawang Goreng yang jadi ciri khas Kota Palu, bisa dipasarkan disana.

Demikian halnya produk-produk UMKM lainnya seperti Tenun Kelor, kopi, maupun teh yang berbahan dasar Kelor untuk dipasarkan secara nasional.

“Jadi sekarang lagi ada pembuatan MoU antara Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu dengan pihak Sarinah Jakarta,” ungkap wawali. HNY

Komentar