Disbunnak Sulteng Minta Peternak Pasang “Ear Tag” Sapi Sudah Divaksin

-Utama-
oleh

PALU– Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meminta peternak di daerah itu untuk memasang Eartag Secure QR Code atau anting telinga pada ternak sapi yang telah diberikan vaksinasi jelang perayaan Idul Adha.

“Penanda tersebut mengandung informasi tentang identitas sapi, sehingga memudahkan pemerintah untuk mengecek kondisi setiap ekor sapi,” kata Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Disbunnak Sulteng, Dandy Alfita di Palu, Jumat (2/6/2023).

Dia mengatakan, terdapat kode batang pada anting tersebut yang dapat dipindai untuk mengetahui informasi lengkap sapi.

Dia melanjutkan, manfaat dari pemasangan ear tag antara lain untuk mengetahui status reproduksi, distribusi hewan ternak, dan untuk memudahkan pencatatan maupun pendataan populasi hewan.

Ear tag sebagai tanda pada ternak sapi, katanya, memuat berbagai data tentang QR Code identitas ternak yang berisi mengenai jenis ternak, jenis kelamin, rumpun, umur, asal ternak, dan informasi tentang vaksin yang telah disuntikkan.

Sedangkan keuntungan pada sapi yang telah dilakukan penandaan pada telinga adalah untuk memudahkan akses masuk pasar hewan maupun RPH (rumah potong hewan).

Menurut dia, memasang ear tag pada ternak sapi tersebut dapat membantu dalam pengaturan dan pemantauan hewan ternak.

“Tentunya ear tag dapat memastikan bahwa hewan ternak yang akan disembelih jelang Perayaan Idul Adha telah dikelola dengan baik sesuai dengan standar dan persyaratan yang sudah ditetapkan,” katanya.

Selain itu, kata dia, ear tag juga berguna dalam melacak informasi pemilik hewan, mengendalikan penyebaran penyakit, serta mempermudah pengawasan dan pengendalian hewan ternak secara efektif.

Oleh karena itu, dia meminta para peternak segera memasang ear tag sebagai upaya meningkatkan pengelolaan dan pemantauan ternak sapi menjelang Perayaan Idul Adha.

“Dengan pemasangan anting, diharapkan akan tercipta sistem peternakan yang lebih teratur, efisien, serta dapat diandalkan,” katanya. ARA

Komentar