Dua Kelurahan di Palu Diusulkan Jadi Kampung Iklim

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) mencanangkan dua kelurahan di daerah itu menjadi percontohan Program Kampung Iklim (Proklim) sebagai bentuk upaya mendukung Program Palu Adipura 2024.

“Program tersebut juga diharapkan turut mendorong target Kota Palu menjadi Kota Adipura di tahun 2024 mendatang,” kata Sekretaris DLH Kota Palu, Ibnu Mundzir di Palu, Sabtu (17/6/2023).

Dia mengatakan dua kelurahan yang diusulkan menjadi ProKlim, yakni Kelurahan Palupi, Kecamatan Tatanga dan Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara.

Menurut dia, dua kelurahan tersebut diusulkan karena melihat beberapa kriteria indikator penilaian yang baik di kelurahan itu.

Kelurahan Palupi, kata dia, memiliki pengelolaan sampah yang baik yang didorong oleh pemerintah kelurahan dan Kelurahan Mamboro memiliki komunitas yang kuat serta masyarakat yang cepat bangkit setelah bencana, terutama dalam penanganan hunian sementara.

Maka dari itu, dia berharap, Kelurahan Palupi dan Mamboro dapat dijadikan sebagai pelopor untuk kemudian bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain di Kota Palu dalam menjaga kelestarian lingkungan dan alam.

Pihaknya terus berupaya mengatasi isu lingkungan seperti melakukan penataan lingkungan, penanaman mangrove, dan tindakan lainnya untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Dia menjelaskan, Proklim merupakan program nasional berwawasan iklim yang dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH) dengan menggandeng langsung pemerintah daerah sebagai eksekutor dan masyarakat umum sebagai partisipan aktif.

Proklim untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Pemerintah Kota Palu menargetkan 10 kelurahan di daerah itu dicanangkan dalam program tersebut yang akan dilakukan secara bertahap.

“Kami menargetkan sepuluh kelurahan tapi untuk saat ini difokuskan pada dua kelurahan ini dulu, sebab bukan kuantitasnya yang dikejar tapi target kualitasnya,” katanya.

Dia mengimbau kepada seluruh pihak untuk selalu menjaga dan melestarikan alam guna menjaga kestabilan iklim secara luas. ARA

Komentar