Kemenkumham Sulteng Raih Terbaik Realisasi Anggaran Penegakan HAM

-Utama-
oleh

PALU– Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) meraih posisi pertama dengan realisasi anggaran terbaik semester satu tahun 2023 pada program pemajuan dan penegakan HAM se-Indonesia.

“Pertahankan dan tingkatkan, ke depan harus lebih baik lagi karena penegakan dan pemajuan HAM di negeri yang kita cintai perlu untuk terus dilakukan,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal HAM Kemenkumham RI Aman Riyadi saat kegiatan supervisi dan evaluasi pelaksanaan anggaran triwulan dua tahun 2023 secara virtual, Kamis (27/7/2023).

Dia mengatakan, Kemenkumham harus bisa menjamin semua warga negara Indonesia terlindungi segala haknya.

Kanwil Kemenkumham Sulteng berhasil meraih nilai terbaik pada semester satu tahun 2023 dengan persentase sebesar 71.49 persen.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM Kanwil Kemenkumham Sulteng Suzana Eva Silo yang mengikuti kegiatan secara virtual di Kota Palu mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan proses layanan dan penegakan HAM di wilayah itu.

“Kami akan terus meningkatkan proses layanan hingga pemenuhan komponen penting dari majunya penegakan dan pemajuan HAM di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulteng yang saat ini dipimpin oleh Budi Argap Situngkir,” katanya.

Menurut dia, target dalam pemajuan HAM akan lebih mudah tercapai apabila dilakukan bersama dengan unsur pemerintah daerah serta masyarakat.

“Hal juga sangat tergantung dari sinergisitas dan kolaborasi yang dibangun bersama pemda dan masyarakat sekitar,” katanya.

Suzana mengatakan, penyerapan hingga pelaksanaan program pemajuan HAM semakin ditingkatkan, serta melakukan perencanaan dengan sebaik-baiknya. Pada kegiatan virtual tersebut turut diikuti oleh seluruh perwakilan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia. ARA

Komentar