Merajut Masa Silam Melalui Festival Tenun Donggala

-Donggala, Utama-
oleh

DONGGALA– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akan menggelar Festival Tenun Donggala ke 2.

Kepala Disdikbud Donggala, Kasmuddin mengatakan, Festival Tenun Donggala akan dipusatkan di Desa Towale selama tiga hari, mulai dari 10 hingga 12 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan momen HUT ke 71 Kabupaten Donggala.

“Festival Tenun Donggala tahun ini merupakan yang kedua kalinya. Saat ini kita masih terus melakukan berbagai macam persiapan menjelang kegiatan tersebut,” katanya, Rabu (9/8/2023).

Tujuan Fesitival Tenun Donggala itu kata Kasmudin, untuk memperkenalkan kembali kepada kalangan luas tentang budaya asli Kabupaten Donggala.

“Outputnya insyaAllah akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat,” katanya.

Salah satu cara mempertahankan Tenun Donggala sebagai warisan budaya asli, bupati telah mengeluarkan kebijakan melalui surat edaran tentang penggunaan sarung Tenun Donggala sekali dalam sepekan tepatnya setiap Kamis.

“Salah satu tujuannya untuk meningkatkan pendapatan pengrajin sarung tenun Donggala, dan terbukti meningkatnya permintaan terhadap sarung tenun,” ungkapnya. JAL

Komentar