Wabup Sigi Minta Kepala Sekolah dan Guru Jaga Kekompakan

-Sigi, Utama-
oleh

SIGI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan Upacara Bendera bersama guru-guru di wilayahnya, Senin (11/9/2023).

Kegiatan yang rutin digelar setiap bulan itu dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya, Wabup Samuel mengatakan, organisasi guru-guru sangat terstruktur dengan baik.

Dia meminta agar para kepala sekolah dan guru-guru di Kabupaten Sigi terus menjaga kekompakan dan kebersamaan.

Pada kesempatan itu pula, dia menyampaikan beberapa agenda kegiatan yang akan dilakukan oleh Pemkab Sigi kedepan diantaranya pelaksanaan Festival Danau Lindu. Dimana akan dilaksanakan upacara Hari Pahlawan di Kecamatan Lindu.

Berkaitan dengan itu direncanakan dua pekan sebelum Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober akan diadakan Kemah Kerja Pramuka dan Kemah Kerja Pemuda Lintas Agama di Lindu.

Untuk itu diharapkan partisipasi dari para kepala sekolah dan guru-guru dalam kegiatan kemah tersebut.

Wabup meminta kepada Kadis Pendidikan agar menghitung lagi sekolah di daerah terpencil yang belum mendapat motor dinas dan memperbaiki rumah dinas guru.

Pemkab Sigi terus berupaya untuk mendesain generasi muda dengan memberikan beasiswa kepada mereka yang kurang mampu dan melaksanakan kerjasama dengan SMA Taruna Nusantara, serta beberapa Universitas bahkan di luar negeri yaitu di Yaman dan tahun depan di Kanada.

Adapun universitas yang telah bekerjasama dengan Pemkab Sigi diantaranya Poltekkes Makassar, Institut Pertanian Bogor, serta bekerjasama dengan hampir semua perguruan tinggi di Sulawesi Tengah.

Untuk itu dia berharap agar para guru memanfaatkan program ini dengan menyiapkan sumber daya manusia.

Dia juga menyampaikan program satu kecamatan satu dokter. Wabup mengingatkan kepada beberapa kecamatan yang belum ada utusan yang lulus di Fakultas Kedokteran yaitu Kecamatan Nokilalaki, Kinovaro, Marawola Barat, Pipikoro, dan Kulawi Selatan.

“Tahun ini disiapkan tiga orang, namun yang lulus hanya dua orang, yaitu dari Kecamatan Lindu dan Palolo. Semua itu dibiayai oleh Program Irwan Samuel,” tutur Wabup Sigi. CAL

Komentar