DPRD Sulteng Harap Seminar Nasional APPSI Tingkatkan Kerjasama Kemandirian Pangan

-Utama-
oleh

PALU– Wakil Ketua III DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Muharram Nurdin menghadiri pelaksanaan Seminar Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang mengusung tema “Evaluasi dan Optimalisasi Kerjasama Perdagangan Produk Unggulan Antar Daerah Dalam Rangka Kemandirian Pangan” di sebuah hotel Jalan Malonda, Kota Palu, Senin (25/9/2023).

Seminar nasional APPSI yang dibuka Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura itu dihadiri Gubernur Jambi yang juga Wakil Ketua APPSI Alharis, Ketua Dewan Pakar APPSI M Ryaas Rasyid, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulteng Vera R Mastura, serta para tamu undangan dari pengurus APPSI seluruh provinsi di Indonesia.

Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta seminar nasional APPSI di Negeri Seribu Megalit Provinsi Sulteng yang begitu indah, damai, subur dan kaya, memiliki berbagai jenis sumber daya alam dan juga peninggalan peradaban masa lampau berupa warisan cagar budaya megalitikum.

Dia menyampaikan, Sulteng begitu banyak memiliki karakteristik dan sumber pertanian kuat yang sejatinya menjadi potensi untuk mencapai kemandirian pangan. “Akan tetapi potensi ini belum terkelola secara maksimal,” katanya.

Padahal kata dia, kemandirian pangan ini merupakan salah satu prioritas pembangunan yang harus dicapai untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan dimasa mendatang.

Olehnya itu semoga dengan melalui seminar ini dapat dihasilkan strategi dan rekomendasi yang tepat untuk meningkatkan kerjasama antar daerah guna mewujudkan kemandirian pangan di Indonesia serta menjadikan Provinsi Sulteng salah satu indikator percontohan dan tolak ukurnya, sehingga nantinya dapat dituangkan oleh pemerintah pusat dan daerah untuk pembangunan nasional, pembangunan kawasan, dan pembangunan daerah pada khususnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Ketua III DPRD Sulteng, Muharram Nurdin menyampaikan, seminar nasional ini merupakan wujud komitmen APPSI dalam mengembangkan kerjasama perdagangan produk unggulan antar daerah guna mencapai kemandirian pangan di Indonesia.

Muharram Nurdin menekankan pentingnya sinergitas antara pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mengoptimalkan kerjasama perdagangan produk unggulan antar daerah.

Dalam hal ini bertujuan untuk berupaya pengembangan dan pemasaran produk unggulan harus didukung oleh infrastruktur memadai, peningkatan kualitas produk, serta akses pasar yang luas.

Muharram Nurdin juga berharap agar seminar nasional APPSI ini dapat menghasilkan suatu rekomendasi dan strategi yang konkrit dalam mengoptimalkan kerjasama perdagangan produk unggulan antar daerah.

Dimana nantinya rekomendasi tersebut dapat diimplementasikan dengan baik oleh pemerintah daerah guna mewujudkan kemandirian pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

Muharram Nurdin menyampaikan apresiasi kepada APPSI atas inisiatifnya yang telah memberikan kontribusi positif dalam upaya pengembangan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. CAL

Komentar