Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW Dipamerkan di Palu

-Utama-
oleh

PALU– Pertama kali diselenggarakan di Indonesia bagian timur, belasan artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dipamerkan di Kota Palu, Sulawesi Tengah tepatnya di mapolresta lama, Jalan Teratai, Selasa (24/10/2023).

Artefak peninggalan Rasulullah dan para sahabatnya tersebut dipajang dalam acara bernuansa religi yang bertajuk ‘Hijrah Expo Tabarrukan’.

Ketua Panitia, Andi Yusnar mengatakan, sebanyak 18 item peninggalan Rasulullah dipamerkan di Kota Palu.

“Ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia timur dilaksanakan Tabarrukan Baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam,” ujar Andi Yusnar kepada jurnalis media ini.

Panitia menyelenggarakan pameran selama 10 hari dan dibuka sejak Selasa (24/10/2023) pagi.

“Sampai tanggal 3 November 2023, kurang lebih 10 hari, masyaAllah,” katanya.

Dia menyebutkan, beberapa artefak peninggalan Rasulullah dan sahabatnya yakni janggut, rambut, darah bekas baginda Rasulullah, tanah makam suci, terompa, selipar hammam, tapak kaki, dan tongkat.

Ada juga panah busur, imamah, tempat penyimpanan obat, tempat bekas isian air, kiswah, keringat, kayu sugi siwak dua buah pedang dan potongan serban.

Panitia mempersilakan masyarakat untuk mendokumentasikan koleksi langka peninggalan sejarah Islam tersebut.

Untuk memasuki area pameran pengunjung harus terlebih dahulu berwudhu dan bersih dari najis. Selain itu pengunjung juga harus menjaga adab dan memakai busana muslim. DAM

Komentar