Seorang Nelayan Hilang Saat Cari Ikan di Perairan Karamat Buol

-Buol, Utama-
oleh

BUOL– Seorang nelayan dari Desa Monano, Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah diduga hilang terjatuh dari perahu saat sedang mencari ikan di perairan desa setempat pada Sabtu (11/11/2023).

Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes, Senin (13/11/2023) menjelaskan, kejadian berawal pada Sabtu (11/11/2023) pukul 05.30 Wita saat korban bernama Laode Jafar (60) berangkat memancing di perairan laut Desa Monano.

Pada pukul 07.45 Wita perahu korban ditemukan oleh nelayan, sementara korban tidak berada di atas perahu.

“Dugaan korban terjatuh dan tenggelam,” katanya.

Dia mengatakan, Tim Rescue Unit Siaga SAR Tolitoli yang berjumlah empat orang diberangkatkan ke lokasi kejadian dengan jarak tempuh 149 kilometer dari Unit Siaga SAR Tolitoli.

Pukul 10.00 Wita tim rescue tiba di lokasi dan langsung berkoordinasi dengan aparat desa setempat.

Usai melakukan koordinasi tim rescue langsung menurunkan satu perahu karet dan melakukan pencarian bersama masyarakat setempat.

Adapun pencarian dibagi menjadi tiga tim. Tim satu menggunakan perahu karet Basarnas dengan luas area 113 NM.

Kemudian tim dua memakai perahu karet KRB dengan luas area pencarian 154 NM, sementara tim tiga terdiri dari dua perahu nelayan melakukan penyisiran di sepanjang pantai hingga Tanjung Dako dengan jarak 15.8 NM.

Pencarian dilakukan pada Ahad hingga pukul 17.00 Wita, namun belum ditemukan adanya tanda-tanda keberadaan korban sehingga pencarian ditutup sementara.

“Pencarian akan dilanjutkan pada Senin (13/11/2023) pagi. Semoga pencarian hari kedua korban segera ditemukan dalam keadaan selamat,” ujar Andrias Hendrik Johannes. LAH

Komentar