Wagub Sulteng Minta Siswa SMAN/SMKN Harus Mampu Berinovasi

-Banggai, Utama-
oleh

BANGGAI– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir meninjau Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kabupaten Banggai, Rabu (29/11/2023).

Dalam kunjungan itu, Ma’mun Amir yang merupakan alumni STM Negeri 1 Jakarta tahun 1968-1971) itu turut didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sulteng dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah provinsi (OPD) terkait.

Di setiap kunjungan baik di SMAN 2 Luwuk, SMAN 3 Luwuk, dan SMKN 3 Luwuk, orang nomor dua di Pemerintah Provinsi Sulteng ini disambut dengan gembira oleh para pelajar serta segenap guru.

Wagub mendorong SMAN dan SMKN dapat menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang merupakan unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah provinsi.

Menurutnya, jika SMKN menjadi BLUD yang artinya adalah sekolah ini diharapkan memiliki program Teaching Factory merupakan konsep pembelajaran berbasis industri serta bisnis yang mengacu kepada standar dan prosedur berlaku.

Selain itu dalam kunjungan dan silaturahminya di beberapa sekolah tersebut, wagub menyerahkan beberapa buku berjudul kearifan lokal suku bangsa Banggai.

Dia berpesan sekaligus memotivasi para pelajar pentingnya menanamkan sifat kejujuran dan bangun pergaulan serta mentingkatkan silaturahmi, selain peningkatan intelektual.

Melalui kunjungannya tersebut, wagub menekankan sekolah harus mampu meningkatkan kualitas dan kemampuan siswa dalam menciptakan berbagai macam karya yang memiliki nilai jual serta mampu bersaing di pasar kerja.

“Siswa harus berupaya mampu untuk berinovasi,” ujarnya di hadapan kepala sekolah, guru dan para pelajar. HAL

Komentar