Tim SAR Evakuasi 75 Penumpang KM Irma Ilahi yang Tabrak Karang di Morowali

-Morowali, Utama-
oleh

MOROWALI– Kapal Motor (KM) Irma Ilahi dengan bermuatan 75 orang menabrak karang di Perairan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah pada Selasa (19/12/2023).

Untuk diketahui kapal berangkat dari Menui pukul 07.00 Wita menuju Pelabuhan Puungkoili dan pada pukul 21.45 Wita kapal tersebut menabrak karang dalam perjalanan menuju Bungku Tengah.

Sementara itu, kru melakukan upaya untuk menjaga keseimbangan kapal sambil menunggu bantuan datang.

“Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu mendapatkan informasi dari Bapak Wahab, Dinas Perikanan Kabupaten Morowali. Setelah informasinya diterima tim rescue dari Unit Siaga SAR Morowali digerakkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan perahu karet,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Andrias Hendrik Johannes, Rabu (20/12/2023).

Tiba di lokasi kejadian, tim SAR gabungan mengevakuasi sebagian penumpang kapal ke KM Arafah dengan maksud mengurangi beban dari KM Irma Ilahi.

“Setelah kami pindahkan kami coba kembali untuk melakukan penarikan kapal yang kandas tersebut. Proses berlangsung hingga pukul 03.45 Wita. Setelah kapal berhasil ditarik penumpang kembali dipindahkan ke KM Irma Ilahi untuk melanjutkan perjalanan. Kapal tersebut kami pantau hingga sampai ke Pelabuhan Puungkoilu Kabupaten Morowali,” tutur Syahrul Japarudin selaku Koordinator Unit Siaga SAR Morowali.

Kapal itu bermuatan 75 jiwa yang terdiri dari ABK lima, penumpang dewasa 65, dan anak-anak 10 orang.

Selain tim rescue Unit Siaga SAR Morowali unsur gabungan yang turut membantu adalah Pos AL Morowali, Pos Polairud, dan tagana setempat. HAL

Komentar