Sidak Usai Libur Nataru, Wagub Sulteng Minta ASN Tingkatkan Disiplin dan Pelayanan

-Kota Palu, Utama-
oleh

PALU– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintahannya, Selasa (2/1/2024).

Sidak tersebut dalam rangka melihat langsung disiplin aparatur sipil negara (ASN) serta kualitas pelayanan dari masing-masing OPD pascalibur Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Saat melakukan sidak ke Kantor Bappeda Sulteng dan di beberapa kantor lainnya, wagub menerima laporan absensi secara langsung kehadiran ASN dan tenaga kontrak dari pimpinan OPD.

Tampak semua tenaga kontrak dan pegawai dikumpulkan untuk dicek keabsahan absensi.

Wagub Ma’mun Amir menekankan pentingnya menjaga dan meningkatkan kinerja dan disiplin pegawai.

Dia berterima kasih kepada PNS dan non ASN yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik serta hadir dalam meningkatkan pelayanan usai libur Natal dan Tahun Baru.

Wagub juga meminta kadis, kabid sampai staf untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan.

“Disiplin harus ditingkatkan dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Sulteng saat ini masuk urutan ketiga pertumbuhan ekonomi yang baik secara nasional. Bekerjalah lebih baik agar kita bisa bersama-sama dapat menyelesaikan visi misi pemerintah daerah,” tuturnya.

Disamping itu, di tahun politik saat ini wagub mengingatkan agar ASN tak terlibat politik praktis, seiring masuknya suasana pesta demokrasi Pemilu 2024.

“ASN harus netral, dalam artian tidak boleh terlibat aktif dalam bentuk apapun. Saya ingatkan, ada sanksi jika ada ASN terlibat politik praktis sesuai Undang-Undang ASN,” kata wagub.

Menurutnya, ASN harus menempatkan diri pada posisi yang profesional dan tetap fokus pada bekerja melaksanakan tugas dan fungsinya menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik.

Meski demikian, ASN memiliki hak untuk memilih pada pemilu, sehingga tetap perlu untuk melakukan analisa terhadap calon-calon peserta Pemilu 2024.

Dalam kesempatan sidak tersebut, wagub juga menyampaikan ucapan Natal dan tahun baru kepada semua pegawai yang merayakan. HAL

Komentar