Lima Makanan Tinggi Protein Ini Ampuh Turunkan Berat Badan

-Kesehatan, Utama-
oleh

JAKARTA– Makanan yang mengandung protein dapat membantu menurunkan berat badan. Karenanya, simpanlah di dalam freezer untuk menjaga nutrisi dan kesegarannya.

Makanan yang penuh nutrisi tentu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Misalnya makanan yang dikemas dengan protein akan membantu menurunkan berat badan.

Protein pada makanan tersebut berperan memberi energi dan rasa kenyang yang lama, sehingga mendorong kamu untuk tidak ngemil atau makan berlebihan.

Beberapa makanan tinggi protein tersebut akan lebih baik disimpan di dalam freezer. Cara ini untuk menjaga kesegaran dan mempertahankan nutrisinya.
Dikutip dari Your Tango (02/01/24) berikut 5 makanan tinggi protein yang bisa bantu menurunkan berat badan.

1. Ikan

Protein merupakan nutrisi yang penting jika kamu ingin menurunkan berat badan. Protein akan berperan memberikan rasa kenyang yang lama.

Salah satu sumber protein yang baik adalah ikan dan seafood. Agar kandungan proteinnya tidak hilang, sebaiknya simpan ikan di dalam freezer.

Selain tinggi protein, ikan dan seafood juga rendah kalori dibandingkan daging sapi. Misalnya dalam 100 gram ikan cod mengandung protein sebanyak 19,2 gram.

2. Edamame

Untuk protein nabati kamu bisa dapatkan dari mengonsumsi edamame. Dalam 100 gram edamame, terdapat kandungan protein sebanyak 11 gram.

Menyimpan edamame dalam freezer selain akan membuat lebih segar, juga akan mempertahankan kandungan proteinnya. Selain protein, edamame juga kaya dengan nutrisi lainnya.

Mulai dari kalsium, seng, vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Nutrisi tersebut akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

3. Buah Berry

Rutin mengonsumsi buah berry akan memenuhi kebutuhan protein. Dalam 100 gram buah berry terdapat kandungan protein sebanyak 0,7 gram.

Buah berry enak dimakan langsung atau diolah menjadi smoothie. Namun yang jelas, buah berry yang disimpan di dalam freezer akan meningkatkan cita rasa.

Selain itu, juga bisa mempertahankan jumlah protein di dalamnya. Buah berry juga kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya yang mendukung penurunan berat badan.

4. Kaldu Tulang

Kaldu tulang yang buatan sendiri juga merupakan sumber protein yang baik. Dengan menyimpan di dalam freezer akan menjaga kuah kaldu tetap segar.

Dengan begitu, kandungan protein akan tetap terjaga. Dalam 100 gram kaldu ayam menyimpan protein sebanyak 28.69 gram. Protein itu berperan memberi energi pada tubuh.

Selain itu, juga terdapat kandungan kolagen yang mencakup asam amino. Nutrisi itu berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dikaitkan dengan penurunan berat badan.

5. Sayuran

Sayuran yang dibekukan merupakan sumber vitamin, serat, dan protein. Mengonsumsi sayuran beku bahkan bisa mengurangi risiko diabetes, jantung, dan kanker.

Sayuran juga rendah kalori, sehingga akan membantu melancarkan usaha penurunan berat badan. Kamu bisa memilih antara bayam, brokoli, kol, dan kangkung.

Bayam jadi salah satu jenis sayur favorit. Dalam 100 gram bayam menyimpan 2,9 gram protein. Jumlah tersebut bisa membantu memberi rasa kenyang dan tahan lama.

(sumber: detik.com)

Komentar