Kanwil Kemenkumham Sulteng Teken Komitmen Peningkatan Pelayanan dan Netralitas ASN

-Banggai, Utama-
oleh

BANGGAI – Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah berikrar dan meneken komitmen bersama guna meningkatkan pelayanan dan netralitas aparatur sipil negara (ASN) menghadapi pemilu 2024, Jum’at (19/1/2024).

Penandatanganan komitmen bersama ini disaksikan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Razilu.

Kegiatan yang digelar di sebuah hotel di Luwuk Kabupaten Banggai ini dihadiri oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hermansyah Siregar, para Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pengawas serta seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Sulteng.

Tidak hanya itu, kegiatan yang digelar guna menguatkan komitmen dalam meningkatkan mutu layanan dan kinerja berdampak pada jajaran Kemenkumham Sulteng tersebut, bertambah istimewa dengan kehadiran Irjen Razilu, Bupati Banggai Amirudin, Ketua DPRD Banggai, Suprapto serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah setempat.

“Sangat bersyukur bisa kembali mengunjungi Kota Luwuk ini. Apalagi kegiatan ini sangatlah penting untuk dilakukan di awal tahun yang penuh dengan sikap optimisme menghadirkan kinerja Kemenkumham yang berdampak,” sambut Razilu.

Kegiatan itu diawali dengan penandatanganan perjanjian kinerja dan pembangunan zona integritas oleh Kakanwil Hermansyah bersama para Kepala Divisi dan seluruh kepala UPT jajarannya.

Hermansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemenkumham menguraikan dengan mengusung semangat Naheba atau Hebat di tahun 2024, bersama jajarannya, ia optimis dapat memberikan kinerja berdampak, berkontribusi besar dalam kemajuan bangsa dan meraih prestasi yang lebih gemilang.

Kata dia, pembangunan zona integritas yang berfokus pada wilayah bebas dari korupsi serta birokrasi yang bersih dan melayani menjadi tujuan besarnya.

“Kita optimis di tahun ini dapat meraih predikat WBK/WBBM, hal tersebut kita dorong bersama-sama,” tambahnya.

Lebih lanjut, dengan disaksikan juga oleh perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banggai, jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng pun turut berikrar netralitas pemilu ASN tahun 2024.

Hermansyah yang memimpin langsung prosesi tersebut memastikan jajarannya akan terus bersikap netral dalam menghadapi pesta demokrasi mendatang.

“Kita terus berkomitmen agar mendukung jalannya pemilu yang aman dan damai, memastikan tidak adanya penyalahgunaan kekuasaan di jajaran,” terang Hermansyah.

Apalagi, dengan koordinasi secara intensif, seluruh Lapas/Rutan di Sulawesi Tengah kembali mendapat tempat pemungutan suara (TPS) khusus oleh KPU, hal itu memastikan seluruh warga binaan mendapatkan hak memilihnya.

“Pastinya dengan kerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan KPU serta Bawaslu, kita yakin penyelenggaraan pemilu di TPS khusus di Lapas/Rutan kami dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hermansyah juga turut melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama Bupati Amiruddin. Kedua pimpinan itu komitmen bersama untuk meningkatkan kesadaran hukum dan ham di wilayah Kabupaten Banggai.

Bupati Amiruddin mengaku bersyukur atas kerja sama secara kontinyu yang dilakukannya bersama Kemenkumham Sulteng. Dia bertekad akan terus mendukung segala program yang dilakukan Kemenkumham.

“Tujuan kita juga sama, mau menciptakan kesadaran hukum secara menyeluruh di seluruh wilayah, termasuk layanan maupun fasilitas kemasyarakatan berbasis HAM,” ungkap Amiruddin. GUS

Komentar