1.104 Hektare Sawah di Dua Kecamatan Banggai Alami Kekeringan

-Banggai, Utama-
oleh

BANGGAI– Bupati Banggai, Amirudin didampingi oleh Kepala Dinas TPHP, Kepala BPBD, Pemadam Kebakaran, dan Camat Toili meninjau lokasi terdampak kekeringan di dua kecamatan yakni Kecamatan Toili dan Moilong.

Dampak kekeringan yang terjadi mencakup luas lahan sawah seluas 883 hektare di Kecamatan Toili dan 221 hektare di Kecamatan Moilong, dengan total keseluruhan mencapai 1.104 hektare.

Kondisi kekeringan terbagi menjadi kategori ringan untuk 790 hektare dan kategori sedang untuk 314 hektare, sedangkan kategori berat dan puso tidak terjadi.

Bupati Amirudin secara langsung meninjau situasi di Desa Tirtasari dan Desa Sentral Timur, serta bendungan Singkoyo, pada Ahad (11/2/2024).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari upaya penanganan kekeringan dengan direncanakan pembuatan Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) atau sumur suntik, serta bantuan alkon untuk mengatasi kekeringan sawah, termasuk bantuan Gabang (selang pompa Air) sepanjang 800 meter.

Tindakan ini sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dalam menghadapi tantangan kekeringan dan memberikan solusi konkret untuk masyarakat petani. Bupati Amirudin bersama tim terkait terus berupaya untuk memastikan keberlangsungan pertanian di daerah tersebut. AAD

Komentar